Penjagub Hamka Irup di Hari Amal Bhakti ke-77 - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Penjagub Hamka Irup di Hari Amal Bhakti ke-77

Republikpos.com, Gorontalo  – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementrian Agama RI tingkat Provinsi Gorontalo, bertempat di Lapangan GOR Nani Wartabone, Kota Gorontalo, Selasa (3/1/2023).

Dalam pidato Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Penjagub Hamka menyampaikan, peringatan Hari Amal Bakti ke-77 sebagai awal untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946.

Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

“Kini Kementerian Agama telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah,” ucap Hamka.

Hal yang membuktikan bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/Lembaga dan publik, yang dihargai lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 lalu.

Menag berharap kepada seluruh insan Kementrian Agama untuk terus menjaga prestasi, tahun ini pun harus lebih baik dari tahun kemarin.

Di sela – sela membacakan sambutan Menteri Agama, Hamka menambahkan di Provinsi Gorontalo sendiri peringatan Hari Amal Bhakti yang ke-77 dianggap sebabai moderasi beragama.

Gorontalo yang memang mayoritas muslim diharapkan untuk terus meningkatkan nilai nilai toleransi dengan kaum minoritas.

“Saya harapkan yang mayoritas ini terus memberikan support kepada sesama maupun teman-teman yang beragama lain. Apalagi menghadapi pemilu 2024 saya minta semuanya jaga ketentraman. Tunjukkan bahwa Gorontalo walaupun mayoritas, tapi tingkat toleransi kita sangat tinggi,” tutur Hamka.

Dalam upacara Amal Bhakti ke-77 ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun, kepada Pegawai Negeri Sipil Kemenag Provinsi Gorontalo dan kabupaten/Kota. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur.

Hadir dalam upacara tersebut, unsur Forkopimda, Wali Kota Gorontalo, Wakil Bupati Bone Bolango, santriwan/santriwati serta seluruh jajaran Kemenag provinsi dan kabupaten/kota.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top