TP-PKK Provinsi Gorontalo Salurkan Bantuan Penanganan Stunting - REPUBLIKPOS.COM
News

TP-PKK Provinsi Gorontalo Salurkan Bantuan Penanganan Stunting

Republikpos.com, Gorontalo  – Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo menyalurkan bantuan untuk penanganan stunting kepada TP PKK Kabupaten/Kota.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa, pada dialog bersama camat, lurah dan kades dalam rangka mendukung program nasional penggunaan teknologi ramah lingkungan dan penurunan stunting di Gedung El Hajj Convention, Kota Gorontalo, Selasa (27/12/2022).

“TP PKK Provinsi Gorontalo akan berupaya maksimal untuk menurunkan angka stunting. Kita tidak boleh bosan untuk menangani permasalahan ini karena angka stunting di Gorontalo masih cukup tinggi mencapai 29 persen, lebih tinggi dari angka nasional sebesar 24 persen,” kata Gamaria.

Bantuan yang disalurkan berupa kendaraan viar roda tiga 13 unit, antropometri atau alat yang digunakan untuk memantau pertumbuhan balita 19 set, telur 76.400 butir, table tambah darah 718 strip, serta cultivator atau alat untuk pengolah lahan pertanian sebanyak 14 unit.

Selain itu ada pula susu balita 983 dus, susu ibu hamil 525 dus, dan susu untuk ibu menyusui 112 dus.

Gamaria mengungkapkan, program penanganan stunting yang dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Gorontalo yaitu pemantauan status gizi anak, serta mengefektifkan rujukan posyandu, puskesmas, dan rumah sakit ke dokter spesialis anak yang berhak menentukan diagnosis stunting.

Ada juga intervensi spesifik melalui program One Day One Egg atau satu butir telur setiap hari, serta pemberian bantuan kendaraan viar roda tiga untuk transportasi yang digunakan menjemput anak-anak ke posyandu.

“Bapak ibu kepala desa bantu kami untuk menurunkan stunting. Semua masyarakat harus bersatu melawan stunting demi masa depan anak-anak Gorontalo yang akan menjadi pemimpin di masa depan,” pungkas Gamaria.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top