Porprov 2022 Gorontalo Berakhir, Kota Gorontalo Juara Umum - REPUBLIKPOS.COM
Sports

Porprov 2022 Gorontalo Berakhir, Kota Gorontalo Juara Umum

Republikpos.com, Gorontalo  – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Gorontalo tahun 2022 resmi ditutup Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, Jumat malam (23/12/2022), di lapangan Tarun Remaja Kota Gorontalo.

Penutupan yang digelar melalui upacara bendera ini, diikuti seluruh atlet dari kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo yang telah bertanding dalam 18 cabang olahraga.

Adapun Cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, basket, bola voli, catur, futsal, taekwondo, tenis meja, dan sepak takraw.

Ada juga cabang bulutangkis, biliar, panjat tebing, karate, pencak silat, kempo, kickboxing, renang, serta gateball dan E-Sport.

Dari seluruh hasil pertandingan, diumumkan bahwa Kota Gorontalo keluar sebagai juara umum dengan raihan 141 medali yang tediri dari 55 emas, 43 perak dan 43 perunggu.

Juara II Kabupaten Gorontalo dengan raihan 28 medali emas, 27 perak dan 33 perunggu. Juara III ada Kabupaten Bone Bolango yang meraih 26 medali emas, 29 perak dan 32 perunggu.

Juara ke IV diraih Kabupaten Pohuwato dengan 13 medali emas, 15 perak dan 43 perunggu.

Juara V Boalemo dengan raihan 5 medali emas, 7 perak dan 22 perunggu. Dan juara ke VI adalah Kabupaten Gorontalo Utara dengan raihan medali emas 4, perak 9 dan 16 perunggu.

“Hasil yang diraih pada pekan olahraga provinsi kali ini selaku pemerintah, kami mengharapkan akan lahirnya atlet – atlet generasi penerus yang nantinya bisa berlaga pada ajang PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Sehingga prestasi yang diraih saat ini tolong dipertahankan,” ucap Hamka saat memberikan sambutan.

Staf Ahli Kemenpora RI ini menilai, saat ini telah banyak prestasi olahraga yang ditorehkan dari berbagai cabang baik pada event nasional maupun internasional oleh putra putri terbaik Gorontalo.

Raihan prestasi ini menjadi salah satu indikator peningkatan prestasi di Provinsi Gorontalo serta menjadi standar pembinaan para pembina olahraga di Gorontalo.

Oleh sebab itu, atas nama Pemprov Gorontalo Hamka memberikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah mencurahkan segenap pikiran dan tenaganya, terhadap perkembangan olahraga di Gorontalo.

Menurutnya, tanpa adanya kerjasama semua pihak maka olahraga di Gorontalo tidak akan menjadi seperti ini.

Upacara penutupan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Gorontalo tahun 2022 .  (Foto – Fikri)

“Kepada semua atlet saya ucapkan selamat. Saya juga berharap pelaksanaan pekan olahraga provinsi ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat Gorontalo. Sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Porprov Gorontalo telah berlangsung dari tanggal 17 hingga 23 Desember 2022. Juara umum pada Porprov 2022 meraih bonus berupa uang tunai sebesar Rp 30 juta dan piala gubernur. Juara II bonus Rp 25 juta, juara III Rp 15 juta dan juara IV-VI masing masing 10 juta rupiah.

Turut hadir dalam upacara penutupan Deputy Sekrtaris Jendral Asia Sepaktakraw Federasi, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo, Ketua KONI Provinsi dan Kabupaten/Kota, unsur Forkopimda Gorontalo, serta sejumlah masyarakat pencinta olahraga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top