Fadel Muhammad Hadiri Festival Budaya Betawi Gorontalo ke-5 - REPUBLIKPOS.COM
News

Fadel Muhammad Hadiri Festival Budaya Betawi Gorontalo ke-5

Republikpos.com, Jakarta – Festival Budaya Betawi Gorontalo dikampung sejuta anggrek dilaksanakan pada hari minggu (04/12/2022) dengan lokasi di Lapangan Rindam Jaya, Condet Jakarta Timur.

Dihadiri H.Fadel Muhammad selaku Ketua Umum LAMAHU (Organisasi keluarga besar Masyarakat Gorontalo) bersama istri Hj.Hana Hasanah Fadel Muhamad ,Walikota Jakarta Timur M. Anwar dan para tokoh dari kedua daerah.

Ketua Umum LAMAHU Fadel Muhammad beserta Istri dalam Festival Budaya Betawi Gorontalo ke -5

Festival yang di sponsori Lamahu (Organisasi keluarga besar masyarakat Gorontalo) dengan Pemda DKI Jakarta juga  menampilkan atraksi budaya dari kedua daerah baik silat maupun tari tradisional, serta pameran UMKM.

Selaku Ketua Panitia Festival Hj. Hana Hasanah Fadel Muhammad kepada Republik Pos menyampaikan Festival Budaya Betawi Gorontalo ini adalah yang ke-5 akan dilaksanakan lagi di beberapa titik.

“Untuk tanggal 10 Desember di Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu masih kita akan evaluasi karena akhir tahun biasanya pemerintah setempat tutup buku/kegiatan,” katanya. 

Tujuannya dari Festival Budaya ini untuk mengenalkan budaya gorontalo kepada masyarakat betawi, begitu juga sebaliknya.

“Dengan saling mengenal maka akan tercipta kerukunan masyarakat kedua daerah,” lanjutnya. 

Kedepan akan lebih luas lagi kita promosikan, misalnya alat musik tradisional Gorontalo yang bisa di pelajari dan dimainkan masyarakat betawi dan daerah lain misalnya alat musik seperti Polopalo dan gambus.

Salah satu yang kita apresiasi juga adalah dipakainya baju adat Gorontalo saat foto praweding pernikahan anak Presiden Jokowi yaitu Keisang dan  Erina.

Ini suatu kebanggaan buat masyarakat Gorontalo, walaupun ada beberapa hal dari modifikasi baju adat tersebut yang kurang sesuai dengan ketentuan baju adat sebenarnya dan perlu diberi masukan dan perbaikan.

Sekjen Lamahu H. Syaifullah Ngiu mengatakan Alhamdulillah acara Festival ini berjalan dengan meriah dan lancar.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak  khususnya, Pemda DKI Jakarta, Walikota Jakarta Timur dan Rindam Jaya,” ujarnya.  

Seperti kita saksikan 2 etnis budaya Betawi dan Gorontalo menyatu dan berbaur bersama semakin menambah keakraban dua etnis Betawi dan Gorontalo.

 

Pewarta: Rais Kamali

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top