Biliu, Kostum Putra Bungsu Presiden Joko Widodo saat Prewedding - REPUBLIKPOS.COM
News

Biliu, Kostum Putra Bungsu Presiden Joko Widodo saat Prewedding

Republikpos.com, Jakarta  – Mengenal Biliu, pakaian adat yang berasal dari daerah Gorontalo yang merupakan salah satu pakaian khas dan wajib digunakan mempelai wanita dalam upacara adat pernikahan.

Dimana Biliu merupakan pakaian yang dalam  perkembangannya dikenal sebagai salah satu pakaian adat yang unik dan penuh nilai-nilai filosofis.

Bahkan di tahun 2012, Biliu ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia yang berasal dari Gorontalo.

Yang juga dikenal sebagai baju (pakaian) adat kebesaran yang digunakan oleh warga Gorontalo dalam upacara adat.

Sehingga dalam tata urutan pakaian adat perempuan Gorontalo, Biliu adalah pakaian tradisional yang paling lengkap ornamen adatnya.

Pakaian ini juga paling tinggi kedudukannya karena disertai pula dengan penggunaan mahkota adat yang lengkap.

Biliu berasal dari kata bilowato, artinya adalah tingkah laku yang santun. Termasuk jika yang memakai pakaian ini bakal memiliki sifat dan pembawaan yang baik di lingkungan keluarga setelah menikah.

Biliu Dikenakan Pasangan Kaesang dalam Prewedding 

Kabar akan dilangsungkannya akad nikah putra bungsu presiden Joko Widodo, Kaesang dan Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman pada 10 Desember 2022. Persiapan demi persiapan pun kian dimatangkan oleh kedua mempelai.

Diantaranya, persiapan foto prewedding yang setiap momentum keduanya kerap diunggah melalui media sosial pribadi Kaesang. Hal unik pun nampak pada foto prewedding mereka yang mengenakan pakaian adat Gorontalo tersebut.

Dalam unggahannya, Kaesang bersama sang calon istrinya itu, mengenakan pakain adat biliu dengan caption bahasa Gorontalo Otolianguu da’ah yi’o yang artinya aku sangat menyayangimu. Diuggah putra bungsu presiden ke 7 RI ini melalui laman Instagramnya ini banyak dibagikan masyarakat Gorontalo.

Sontak menjadi perhatian sejumlah warganet tidak hanya masyarakat Gorontalo yang memberikan komentar.

“Saya sebagai warga Gorontalo merasa bangga jika pakaian adat Gorontalo dipakai oleh putra presiden saat menikah,” kata Cindra, salah satu Warga Gorontalo seperti di kutip dari laman liputan6.com.

Warganet juga tidak melewatkan momen ini, mereka mengatakan hal yang sama. Bahwa, mereka merasa bangga, pakaian adat Gorontalo dipakai putra presiden dan calon istrinya di momentum sakral.**

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top