Enam Kapal Ikan dan 30 Unit Motor Bercoolbox diserahkan Pemprov Gorontalo ke Nelayan
Provinsi Gorontalo

Enam Kapal Ikan dan 30 Unit Motor Bercoolbox diserahkan Pemprov Gorontalo ke Nelayan

Republikpos.com, Gorontalo  – Sebanyak enam unit kapal perikanan berukuran 5 GT dan 30 unit motor bercoolbox, resmi diserahkan Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, kepada para nelayan dan penjual ikan se Provinsi Gorontalo.

Bantuan tersebut diserahkan pada kegiatan temu nelayan dirangkaikan dengan penyerahan bantuan perikanan, Selasa, (7/11/2022), di pantai Blue Marlin Kota Gorontalo

Bantuan kapal perikanan 5 GT dengan total Rp2.73 miliyar, merupakan bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, melalui Direktorat Jenderal Perikanaan Tangkap. Sementara bantuan motor bercoolbox adalah bantuan dari Pemprov Gorontalo yang sudah ada sejak tahun 2012.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo Sila Botutihe menyebutkan, bantuan – bantuan ini baru bisa diserahkan karena harus menunggu juknis berita acara.

“Kenapa baru hari ini diserahkan? karena memang pak gubernur, ini sesuai juknis kita yang harus menerima dulu berita acara serah terima (BAST) kemudian setelah itu bisa serahkan. Hari ini untuk motor bercoolbox yang hadir perwakilan saja,” kata Sila

Sementara itu Penjagub Hamka menyampaikan bantuan yang diserahkan hari ini adalah bantuan yang begitu berarti untuk para nelayan maupun pemasar ikan. Oleh sebab itu dia mengharapkan, penerima bantuan dapat menjaga dan memelihara bantuan ini dengan baik. Terlebih bantuan kapal GT yang diserahkan oleh KKP.

“Jadi bapak bapak sekalian, sudah kita berikan kapal 5 GT dan motor bercoolbox mohon dijaga dan dipelihara dengan baik. Kalau kapal nanti misalnya ada lubang kecil, segera diperbaiki. Untuk penjual ikan juga dijaga motornya. Tapi ingat ikan jangan dijual semua, sisakan untuk dikonsumsi bersama keluarga. Jangan jual ikan, malah makan mie,” ujar Hamka

Berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Gorontalo sejak tahun 2010 sudah mendapatkan bantuan kapal GT dari Kementrian Kelautan. Jika ditotalkan bantuan yang telah diserahkan sebanyak 156 kapal, mulai dari ukuran 5 GT sampai di atas 30 GT. Hal ini dikarenakan Gorontalo dinilai sebagai salah satu provinsi yang dianggap oleh pemerintah pusat terbaik dalam hal memanfaatkan dan mengelolah kapal ikan yang menjadi bantuan pusat.

Salah satu Kapal perikanan 5 GT yang diserahkan.

“Kita harus mengucapkan terimakasih kepada pak Menteri KKP melalui direktorat jenderal perikanaan tangkap yang dari awal hingga sekarang selalu memberikan bantuan anggaran sarana dan prasarana perikanan tangkap di Gorontalo. Kepada bapak bapak nelayan juga terimakasih telah menjaga bantuan ini dengan baik,” tutur Hamka

Untuk bantuan motor bercoolbox yang telah diserahkan hingga tahun 2022 adalah sebanyak 616 unit dari total 1072 pemasar ikan se Provinsi Gorontalo. Sementara untuk 30 motor bercoobox yang diserahkan hari ini totalnya sebesar Rp750 juta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top