Penjagub Hamka Kunjungan Kerja ke Dinas Pertanian - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Penjagub Hamka Kunjungan Kerja ke Dinas Pertanian

Republikpos.com, Gorontalo  – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Selasa (7/11/2022).

Kunjungan Hamka didampingi istri drg. Gamaria Monoarfa dan Wakapolda Gorontalo ini menjadi yang pertama kalinya. Kedatangan Hamka sendiri untuk menyerahkan pelbagai (bemacam-macam) bantuan pertanian.

Bantuan yang diserahkan berupa bantuan motor sayur kepada lima kelompok tani di Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo, bantuan produk hortikultura sebanyak 120 paket, bantuan bibit ternak sapi, bantuan sarana dan prasarana tata niaga peternakan, satu unit container nitrogencair dan bantuan bibit ayam DOC.

Ada pula bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tersier, bantuan pembangunan embung peternakan serta bantuan pembangunan embung pertanian.

“Ini kunjungan pertama saya ke Dinas Pertanian. Dinas pertanian ini salah satu OPD besar andalan Pemprov Gorontalo. Alhamdulillah tadi juga saya sudah menyerahkan sejumlah bantuan, jadi mohon digunakan sebaik – baiknya. Bantuan ini diharapkan bisa membantu bapak ibu sekalian para petani, juga yang bergerak di dunia usaha,” kata Hamka

Melalui kesempatan tersebut, Hamka juga mengapresiasi seluruh unsur penyuluh pertanian seperti petani, gapoktan dan stakeholder lainnya, yang telah mendukung pelaksanaan program pembangunan pertanian di Gorontalo. Hamka juga berharap para petani dapat bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha taninya, sehingga hasil produksi dapat dipasarkan ke luar daerah bahkan dapat mengisi pasar ekspor.

“Kita ini pemasok pengkonsumsi cabe terbesar. Jadi pernah harga cabe itu melonjak sampe 120 ribu per kilogram, jauh lebih mahal dari hargaberas. Buktinya setiap pelaksanaan pasar murah saya lihat yang diserbu pertama kali itu penjual cabe. Oleh sebab itu kami pemerintah melakukan gerakan masyarakat menanam cabe. Saya harapkan juga kepada bapak ibu sekalian, pekarangan rumah yang kosong bisa untuk menanam cabe,” tuturnya

Selain bantuan pertanian, diserahkan pula bantuan penghargaan teladan pertanian tingkat Provinsi Gorontalo kepada empat orang petani yang berasal dari Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Juga penyerahan tunjangan untuk P3K Dinas Pertanian sebesar Rp 16 juta untuk 16 orang P3K selama 10 bulan.

Kunjungan kerja penjagub Hamka diakhiri dengan peninjauan pasar tani dan pasar murah yang dilaksanakan di halaman dinas pertanian. Sebanyak 300 kupon dibagikan kepada masyarakat sekitar yang digunakan untuk berbelanja di pasar murah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top