Recak Digital Ajak Generasi Alpha Paham Teknologi - REPUBLIKPOS.COM
Edukasi

Recak Digital Ajak Generasi Alpha Paham Teknologi

Republikpos.com, Gorontalo  – Generasi Alpha (Alfa) merupakan anak-anak muda yang lahir di era digital. Generasi ini di masa sekarang banyak melakukan aktifitas media sosial, sekaligus pembelajaran dengan menggunakan teknologi digital.

Ini menjadi perhatian bagi Yuriko Kamaru, anggota Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, saat memberikan sambutan pada kegiatan Implementasi Remaja Cakap Digital (Recak Digital) yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Kamis, (11/8/2022) di aula SMA 1 Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

“Anak-anak generasi alpha harus bisa memanfaatkan media sosial untuk kegiatan positif, jangan yang negatif. Paksakan diri untuk menggunakan media sosial untuk hal-hal kebaikan. Paksaan diri, dimulai dari diri kita sendiri dulu,” ucap Yuriko memberikan semangat pada siswa siswi SMAN 1 Suwawa.

Alumni SMAN 1 Suwawa ini mengungkapkan, berbagai generasi telah dilewati, mulai dari generasi baby boomers, generasi X, generasi Y, dan generasi Z. Tiba pada generasi alpha, banyak hal-hal digital yang telah memasuki kehidupan anak-anak muda sejak sangat belia.

Menurutnya, perlu diberikan pendidikan tentang bagaimana menggunakan teknologi digital sekaligus bermedia sosial dengan baik. Kegiatan implementasi remaja cakap digital dinilainya bisa membimbing anak-anak muda untuk bisa menggunakan media sosial secara positif.

“Dengan adanya recak digital, semoga anak-anak muda ini bisa menjadi generasi yang diandalkan bangsa dan negara, bisa memanfaatkan media sosial dengan positif,” kata Yuriko.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Sekolah SMAN 1 Suwawa, Lisna Nalole, tentang kegiatan recak digital yang bermanfaat untuk anak didiknya.

“Anak-anak sangat antusias, semangat mengikuti kegiatan recak digital. Semoga ilmu yang diberikan pemateri bisa dijadikan bekal untuk bermedia sosial dengan baik,” kata Lisna.

Remaja cakap digital yang telah berlangsung kurang lebih 3 bulan di 11 sekolah SMA se Provinsi Gorontalo, menghadirkan pemateri-pemateri dari Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo yang memiliki keterampilan khusus di bidang masing-masing, baik dari fungsional Pranata Humas, Sandiman, maupun fungsional Pranata Komputer.

Selain itu, pemateri lainnya yang ikut berbagi pengetahuan kepada siswa siswi SMAN 1 Suwawa yaitu dari Satgas Densus 88 Gorontalo, serta dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Kominfotik Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Kepala Bidang IKP, Zakiya Baserewan. Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Kasie Peserta Didik SMA, Afandi Lakoro.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top