Media Center Gorontalo Sukses Raih Prestasi di Bimtek Foto Jurnalistik - REPUBLIKPOS.COM
Edukasi

Media Center Gorontalo Sukses Raih Prestasi di Bimtek Foto Jurnalistik

Republikpos.com, Gorontalo – Media Center (MC) Provinsi Gorontalo berhasil meraih prestasi pada Bimbingan Teknis (Bimtek) edisi Jarkom dengan tema Trik Cantik Foto Jurnalistik.

Pada bimtek yang digelar oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, foto karya MC Provinsi Gorontalo berhasil menjadi salah satu foto terbaik.

“Alhamdulillah foto yang kami beri judul Bimtek Foto Jurnalistik terpilih sebagai satu dari lima foto terbaik dari peserta luring,” ujar Romansyah Huntua, usai mengikuti Bimtek Foto Jurnalistik di Hotel Swiss Belinn Malang, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022).

Sebelumnya Redaktur Foto Portal InfoPublik Kemkominfo, Agus Setia Budiawan, dalam paparan materinya mengungkapkan, pada tahun 2021 jumlah foto yang diunggah sebanyak 15.206 buah.

Dari jumlah itu, sebanyak 10.681 foto merupakan kontribusi dari 31 Media Center Daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Khusus untuk Juni 2022, jumlah yang dikirim oleh Media Center Daerah ke Portal InfoPublik sebanyak 1.536 foto. 1.365 buah yang diunggah dan sisanya 171 tidak diunggah karena beberapa alas an, seperti foto tidak tajam, komposisi tidak pas, pesan yang disampaikan tidak lengkap, serta ukuran dan formatnya tidak sesuai ketentuan,” jelas Agus.

Redaktur Foto Portal InfoPublik Kemkominfo, Agus Setia Budiawan (kiri), membawakan materi pada Bimtek Foto Jurnalistik di Hotel Swiss Belinn Malang, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022).

Ke depan Agus menekankan perlunya keseimbangan foto-foto yang dikirimkan oleh Media Center Daerah, antara foto seremonial dengan foto yang mengangkat potensi daerah.

Data dari Portal InfoPublik, dari 1.365 foto yang diunggah pada Juni 2022, sebanyak 873 buah adalah foto seremonial. Kategori layanan public 55 buah, potensi masyarakat 17 buah, ekonomi 71 buah, olahraga 39 buah, dan budaya 101 buah.

“Meski sudah ada kemajuan, tetapi masih banyak yang perlu dibenahi ke depan. Harus berimbang antara foto seremonial dan non seremonial. Memilih sudut bidik dan komposisi harus lebih bagus, termasuk penulisan keterangan juga lebih baik,” pungkas Agus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top