Hamka Noer Minta Peternakan Andil dalam Pemulihan Ekonomi - REPUBLIKPOS.COM
News

Hamka Noer Minta Peternakan Andil dalam Pemulihan Ekonomi

Republikpos.com, Gorontalo  – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mendorong sektor peternakan yang ada di Provinsi Gorontalo ikut ambil alih dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19.

Hal ini dikatakan Hamka saat meninjau usaha peternakan ayam ras pedaging (broiler) di Desa Bakti, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Minggu (17/7/2022).

“Kita sadar betul sejak awal ketika pandemi covid-19 maka pertumbuhan ekonomi masyarakat itu tersendat. Nah salah satu yang harus kita dorong adalah pelaku – pelaku usaha yang rill seperti ini. Saya kira ini penghasilannya perbulan lumayan baik dan tadi juga kita lihat seberapa kuat dia menyerap tenaga kerja,” ucap Hamka yang didampingi istri drg. Gamaria Monoarfa, saat melihat dari dekat kegiatan ekonomi masyarakat tersebut.

Hamka menekankan saat ini baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terus berbenah untuk bangkit pasca pandemi covid-19.

Untuk itu, Ia berkomitmen akan memperluas usaha peternakan ayam di Gorontalo sehingga lapangan pekerjaan pun terbuka.

Kedepannya, Staf Ahli Kemenpora ini menambahkan akan melihat peluang, apakah bisa dengan menyediakan suntikan dana atau usaha – usaha seperti ini akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

“Serapan ayam di Gorontalo masih kurang mungkin harus ada beberapa yang seperti ini. Apakah kita buat di tempat ini atau di tempat lain. Tapi pertanyaan kalau kita berharap kepada peternak lokal, mungkin agak susah untuk membangun dengan model seperti ini, maka kita harus mencari kolaborasi dengan pihak ketiga sehingga kalau semakin banyak peternakan ayam di Gorontalo, maka ekonomi juga akan kuat di masyarakat,” paparnya.

Diketahui peternakan ayam Airafa yang berada di dusun Molowahu ini, mampu memanen sebanyak 12.000 ekor per 32 hari dengan penghasilan sebesar 100 juta rupiah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top