Menparekraf RI Apreasiasi Upaya UMKM Gorontalo Go Digital - REPUBLIKPOS.COM
News

Menparekraf RI Apreasiasi Upaya UMKM Gorontalo Go Digital

Republikpos.com, Gorontalo  – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap, produk UMKM di Provinsi Gorontalo bisa go digital agar mampu menembus pasar global, sehingga akselerasi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa segera terwujud.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf saat menghadiri pembukaan Hulonthalo Art and Craft Festival 2022, yang digagas oleh Bank Indonesia perwakilan Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di GPCC Kota Gorontalo, Rabu (13/7/2022).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Di tambah mengambil tema yang sangat tepat yaitu Digitalisasi UMKM menuju Gorontalo Bangkit Go Digital Go Global. Kami di Kemenparekraf, sesuai data Bank Indonesia tahun 2020 mencatat kenaikan transaksi penjualan melalui e-commerce. Untuk UMKM di Provinsi Gorontal sendiri akan terus kita dorong ke pasar digital, agar tumbuh berkembang menjadi usaha yang besar,” ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga menjelaskan, saat ini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap untuk menata ekonomi baru pasca pandemi, meski saat ini keadaan ekonomi masih menghadapi tantangan.

Tetapi pihaknya meyakini, dengan bergandengan tangan melalui beberapa program yang selalu disandingkan, akan membawa Gorontalo bisa menjadi lokomotif untuk kebangkitan ekonomi kreatif yang nantinya akan menopang ekonomi ekstraktif yang ada di Gorontalo.

“Ibu – ibu siap semua? UMKM mana suaranya, siap? Kita harus bangkit bersama. Saya ingin produk kreatif Gorontalo seperti fashion karawo ini yang sekarang mulai mendunia semakin memiliki kualitas yang baik. Selain karawo ada juga produk ekonomi kreatif lainnya seperti kuliner yang terkenal ada pia saronde, ikan khas nike, ini dapat menjadi acuan ekspor dan import,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer. Pihaknya mengapresiasi Bank Indonesia Provinsi Gorontalo serta Dinas Pariwisata Gorontalo, Dekranasda dan juga stakeholder terkait yang telah bersinergi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, melalui pemberdayaan UMKM yang bergerak di industri kreatif dalam menopang sektor pariwisata di Provinsi Gorontalo.

“Seperti harapan pak Menteri, saya pun berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan ruang bagi pelaku UMKM maupun pelaku industri kreatif untuk terus berinovasi, berkarya menghasilkan produk kreatif, yang mampu bersaing baik di skala nasional maupun di skala internasional,” papar Hamka.

Selain Menparekraf, kegiatan ini turut dihadiri Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destri Damayanti, Kepala OJK Sulut-Go, Kepala BI perwakilan Provinsi Gorontalo, unsur Forkopimda, Kepala Dinas Pariwisata serta tamu undangan lainnya.

Pembukaan Hulonthalo Art and Craft Festival 2022 ini juga turut menampilkan berbagai macam UMKM fashion karawo maupun kuliner khas Gorontalo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top