Hamka Noer Minta Tokoh Nasional HB Jassin Disosialisakan -
News

Hamka Noer Minta Tokoh Nasional HB Jassin Disosialisakan

Republikpos.com, Gorontalo  – Pusat Studi dan Dokumentasi (PSD) Hans Bague (HB)  Provinsi Gorontalo diminta Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo Hamka Hendra Noer untuk disosialisasikan sebagai tokoh nasional kepada generasi milenial.

Pasalnya kata dia, banyak generasi milenial saat ini yang sudah tidak mengenal tokoh  berjulukan Paus Sastra Indonesia tersebut.

“Saya minta lembaga ini bisa menyosialisasikan dan mengenalkan HB. Jassin beserta karya-karyanya kepada generasi milenial. Tidak hanya HB. Jassin saja, tetapi juga tokoh-tokoh besar Gorontalo lainnya seperti J.S. Badudu,” kata Hamka saat menerima audiensi PSD HB. Jassin Provinsi Gorontalo di Gubernuran Gorontalo, Selasa (14/6/2022).

Hamka bahkan menggagas agar PSD HB. Jassin dapat membuat dan menyusun sebuah buku yang berisi tulisan dari para penulis Gorontalo tentang tokoh sastrawan nasional dan dunia tersebut.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan salah satu strategi untuk menghidupkan kembali karya-karya sastra HB. Jassin di kalangan masyarakat di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

“Buat buku yang menghimpun pandangan masyarakat tentang HB. Jassin. Judulnya bisa HB. Jassin di Mata Tokoh Gorontalo, saya kira banyak tokoh yang bisa menulis tentang hal itu,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pengurus PSD HB. Jassin Gorontalo, Candra Cuga, menyerahkan buku biografi HB. Jassin yang menjadi salah satu syarat dalam pengajuan calon Pahlawan Nasional.

Tahun ini, Pemprov bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Gorontalo mengusulkan dua tokoh kelahiran Gorontalo menjadi Pahlawan Nasional, yaitu Aloei Saboe dan HB. Jassin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top