Jagung dan Kelapa Gorontalo Ekspor hingga Eropa - REPUBLIKPOS.COM
Business

Jagung dan Kelapa Gorontalo Ekspor hingga Eropa

Republikpos.com, Gorontalo – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer kagum dengan ekspor jagung dan kelapa Gorontalo. Dua komoditi yang sering dikirim ke negara – negara tetangga dan eropa.

Sebagai penjabat gubernur, Hamka berkesempatan melakukan panen raya jagung perdana di Desa Ombulo Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Senin (13/6/2022). Hamka juga meninjau pabrik pengolahan kelapa PT Royal Coconut Gorontalo.

“Luar biasa Gorontalo ini bisa ekspor jagung bisa ekspor kelapa juga. Tadi saya tinjau kelapa ini bisa tembus sampai ke eropa, artinya ada pergerakan ekonomi di sini. Kami juga mengunjungi gudang jagung yang langsung diproduksi dan langsung diproses dengan tingkat kekeringan 14 persen, siap untuk dikirim,” kata Hamka

Oleh sebab itu menurutnya, keberhasilan ekspor ini sudah seharusnya di tunjang dengan infrastuktur yang memadai. Ia melihat selama ini ekspor yang dilakukan harus melalui provinsi lain, padahal jika dilakukan langsung dari Gorontalo akan ada nilai tambahnya.

“Kalau potensi sih kita yakin bisa, bahkan Malaysia nanti kata pak Kadis mereka akan datang kesini, untuk mencoba membuka kerja sama dalam pembelian komuditi jagung untuk pakan mereka di Malaysia,” tandasnya.

Foto bersama masyarakat penerima bantuan usai panen Raya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, pada 2021 lalu telah dilakukan pengiriman jagung antarpulau untuk memenuhi kebutuhan jagung nasional sebanyak 198 kali dengan total volume 1.002.366 ton jagung.

Sementara untuk 2022 ini pengiriman jagung antarpulau sebanyak 280.465 ton dengan frekuensi 192 kali. Sehingga ketersediaan jagung Gorontalo sampai Juni 2022 dapat diprediksikan mencapai 476.455 ton, khususnya di Kabupaten Gorontalo sebesar 76.871 ton.

Untuk ekspor kelapa sendiri, di tahun 2020 sebanyak 6.200 ton. Tahun 2021 sebanyak 6.531 ton. Periode Januari – Juni tahun 2022 yang sudah berhasil di ekspor sebanyak 2.842 ton. Negara tujuan ekspor kelapa adalah China, Taiwan, Jerman, Afrika dan sebagian besar Eropa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top