Hamka Nyatakan Serius Gorontalo Tuan Rumah Asian Takraw Championship 2023 - REPUBLIKPOS.COM
Sports

Hamka Nyatakan Serius Gorontalo Tuan Rumah Asian Takraw Championship 2023

Republikpos.com, Gorontalo  – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menanggapi serius rencana Provinsi Gorontalo sebagai tuan rumah Asian Takraw Championship 2023.

Beberapa pertemuan internal dengan pemangku kepentingan daerah dilakukan, termasuk mengunjungi fasilitas dan atlet takraw di PPLP, Kota Gorontalo, Sabtu (11/6/2022).

Dikatakan staf ahli Menpora Bidang Budaya Sportivitas itu, rencana tuan rumah Asian Takraw Championship sudah setengah jalan. Pihaknya akan melakukan pertemuan tatap muka dengan Menpora RI dan Presiden Takraw Asia untuk finalisasi rencana tersebut.

“Beliau (Presiden Takraw Asia) datang tanggal 23 Juni di Jakarta, saya berencana ke sana. Akan ditemui oleh Pak Menpora melalui Pak Sesmen dan saya mendampingi,” jelas Hamka saat diwawancarai usai kunjungan.

Penjagub Hamka menilai posisi tawar Gorontalo secara nasional cukup mumpuni. Atlet Gorontalo berkontribusi di Asian Games 2018 dengan satu emas, satu perak dan dua perunggu. Pada Sea Games 2022 dua atlet Gorontalo juga sukses menyumbang satu emas dan satu perunggu.

Pejagub Hamka memberikan arahan kepada para atlet takraw di PPLP, Kota Gorontalo, Sabtu (12/6/2022). Staf ahli Menpora Bidang Budaya Sportivitas itu mendorong atlet Gorontalo untuk terus berprestasi di tingkat nasional dan internasional. (Foto: Mila-Diskominfotik).

Ia juga sudah bertemu dengan pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gorontalo. Ia meminta agar bersiap menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga bertaraf internasional untuk pertama kalinya.

Ajang internasional itu diharapkan bisa menggerakkan ekonomi daerah dan peningkatan infrastruktur olahraga. Potensi pariwisata dan budaya daerah juga bisa ikut diperkenalkan kepada dunia melalui sport tourism.

“Olahraga itu kan kaitannya dengan sport tourism. Atlet, wartawan, wisatawan semua ke sini. Dia lihat ada bentor dia pasti penasaran benda apa ini?,” sambungnya.

Sebagai tahap awal, atlet takraw Gorontalo akan berpartisipasi pada kejuaraan dunia Kings Cup Sepaktakraw World Championship 2022 di Bangkok Thailand 24-30 Juli. Tiga atlet dan satu pelatih akan mewakili Indonesia bersama atlet dari daerah lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top