Pemprov Gorontalo - UNSRAT Teken MoU - REPUBLIKPOS.COM
News

Pemprov Gorontalo – UNSRAT Teken MoU

Republikpos.com, Gorontalo  – Pemerintah Provinsi Gorontalo menjalin kerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi dalam berbagai bidang. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dengan Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA bertempat di Gedung Rektorat, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (31/5/2022).

MoU yang diteken Penjabat Gubernur dan Rektor Unsrat terkait dengan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia.

MoU ditindaklanjuti dengan penandatangan kerjasama (PKS) antara Kadis Pertanian Muljady Mario dan Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Dedie Tooy, Ph.D.

Penjagub Hamka menyambut baik adanya kerjasama ini. Sebagai alumni tahun 1987, ia berharap kemitraan antara Pemprov Gorontalo dengan Unsrat bisa terus terjalin guna meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“MoU ini akan memberikan manfaat yang baik untuk Unsrat dan bagi kami khususnya di bidang pertanian. Ini akan mendorong kenaikan PDRB dan ekonomi masyarakat. Ekonomi kami sudah mulai berputar pasca pandemi covid-19 dua tahun terakhir,” tutur Hamka.

Hamka mengaku bangga dan berterima kasih kepada Unsrat yang telah melahirkan banyak alumni terbaik di Gorontalo.

Ia menyebut sejumlah nama alumni Fakultas Pertanian yang pernah dan atau masih menjabat sebagai kepala daerah.

“Ternyata kalau kita survei, di Gorontalo itu alumni alumni Unsrat paling banyak bahkan menduduki birokrasi. Paling spesifik lagi alumni fakultas pertanian. Saya mencatat ada beberapa, Pak Alm. Iwan Bokings (mantan Bupati Boalemo), Pak Gusnar Ismail (mantan Gubernur Gorontalo), Prof. Nelson Pomalingo sekarang Bupati Gorontalo, Pak Anas Jusuf (mantan Bupati Boalemo), Pak Kadis Pertanian, Pak Sekda Kota juga Pak Ismail Madjid,” beber Hamka.

“Pak Hamim (Bupati Bone Bolango) Fisip, pak Marten Taha (Wali Kota Gorontalo) ekonomi, jagoan kita Pak Sekda (Darda Daraba) teknik,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Rektor Unsrat Ellen Joan Kumaat menyebut kerjasama ini sebagai salah satu bentuk implementasi dari program kampus merdeka dan merdeka belajar.

Kerjasama dunia kampus dengan pemerintah juga penting karena menjadi indikator kinerja utama rektor dan jajarannya.

“Walaupun MoU ini dipenghujung masa jabatan saya, tapi saya berharap MoU ini betul betul dimplementasikan dengan sebaik baik. Saya berharap kerjasama ini lebih meningkatkan hubungan baik Gorontalo dengan Sulawesi Utara khususnya Universitas Sam Ratulangi,” ucap rektor.

Usai penandatangan MoU, Penjagub Hamka didampingi istri, Sekda Darda Daraba dan Kadis Pertanian Muljady Mario melanjutkan agenda dengan silaturahim ke Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top