Mendagri Lantik Hamka Hendra Noer Penjabat Gubernur Gorontalo
Nasional

Mendagri Lantik Hamka Hendra Noer Penjabat Gubernur Gorontalo

Republikpos.com, Jakarta – Masa Kepemimpinan dua periode (10 tahun) Rusli-Idris untuk Gorontalo telah selesai. Agar tidak terjadinya kekosongan pemerintahan Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian melantik Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kemenpora Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si, sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo pada Kamis (12/05/2022) di Kantor Kemendagri Jakarta berdasarkan Surat Keputusan(SK) Nomor 50/P tahun 2022 tertanggal 10 Mei 2022 yang telah ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sudah mengusulkan tiga nama ke Presiden Joko Widodo untuk dipilih dan dilantik menjadi Penjabat Gubernur.

Tiga nama itu yakni Staf Ahli Menpora Hamka Hendra Noer, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemdengari Yusharto Huntoyungo, dan Staf Ahli Menko Ekwin Rudi Salahuddin. Setelah melewati tahap review akhir oleh Ditjen Otda Kemendagri usulan tersebut diteruskan ke Presiden.

Rusli Habibie dan Idris Rahim mengucapkan selamat bertugas untuk Penjabat Gubernur Gorontalo dan berharap agar Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, yang baru dilantik, bisa melanjutkan berbagai program yang sudah ia lakukan bersama wakil Gubernur Idris Rahim dalam dua tahun ke depan.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kemenpora. Ia dilantik sebagai staf ahli pada 1 Maret 2021.

Hamka pernah menjabat sebagai Asiten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga.

Hamka merupakan alumni Universitas Sam Ratulangi, Sulawesi Utara, tahun 1992, jurusan Sosial-Ekonomi pada. Saat itu ia menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado Sulawesi Utara.

Tahun 1997, ia memyelesaikan program master di Universitas Indonesia, dan setelahnya Hamka diterima menjadi PNS di Bulog. Sebelumnya ia menjadi pegawai tetap di Kemenpora, dan ia juga sempat bekerja di Kemenkokersa

Hamka meraih Gelar doktoral dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Bangi, Selangor, Malaysia dan ia adalah salah satu putra daerah yang paham betul politik lokal, termasuk Gorontalo.

Hamka menerbitkan bukunya berjudul Ketidaknetralan Birokrasi Indonesia.Dalam buku itu, disebutkan Hamka lahir dari lingkungan Gorontalo yang cukup disiplin.

Ia menikah dengan dokter gigi drg. Purnamwati Monoarfa pada 1994. Dua tahun setelahnya, ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Lingkungan berkat beasiswa dari LAMAHU-Gorontalo.

Pewarta : Larasati Widya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top