Wagub Idris Rayakan Tumbilatohe Bersama Keluarga - REPUBLIKPOS.COM
News

Wagub Idris Rayakan Tumbilatohe Bersama Keluarga

Republikpos.com, Gorontalo – Memasuki malam ke 27 Ramadan, masyarakat Gorontalo menggelar tradisi Tumbilatohe atau malam pasang lampu.

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pun turut merayakan Tumbilatohe bersama keluarga yang ditandai dengan menyalakan lampu botol di halaman rumah jabatan Wagub Gorontalo, Kamis (28/4/2022).

Dalam tradisi masyarakat Gorontalo, Tumbilatohe digelar selama tiga malam berturut-turut di akhir bulan Ramadan. Pada tahun 2014, tradisi ini ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Tradisi ini merupakan adat dan budaya masyarakat Gorontalo yang memiliki filosofi adat bersendikan sara dan sara bersendikan kitabullah,” kata Wagub Idris Rahim.

Idris berharap, perayaan Tumbilatohe tahun ini bisa berlangsung semarak. Wagub juga mengingatkan masyarakat yang akan menyaksikan Tumbilatohe untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

“Selama dua tahun saat pandemi COVID-19, Tumbilatohe ini kurang semarak. Insya Allah tahun ini bisa semarak dan berlangsung aman, tertib, dan lancar,” imbuhnya.

Perayaan Tumbilatohe di rumah jabatan Wagub Gorontalo dilanjutkan dengan du’a moheupa zakati atau doa penyaluran zakat fitrah. Prosesi doa dipimpin oleh seorang imam dan diikuti oleh Wagub Idris Rahim bersama keluarga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top