Itjen Kemendagri Serahkan Hasil Evaluasi Akhir Masa Jabatan -
News

Itjen Kemendagri Serahkan Hasil Evaluasi Akhir Masa Jabatan

Republikpos.com, Gorontalo – Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan hasil evaluasi akhir masa jabatan kepala daerah periode tahun 2017-2022 lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Baca juga : Pemprov dan Pemda se-Gorontalo MoU PKS soal PBPU-BP

Hasil pemeriksaan yang berlangsung selama 10 hari ini diserahkan langsung pada Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di Rumah Dinas Wagub Gorontalo, Kamis (17/3/2021).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Ketua Tim Itjen Kemendagri, Rolekson Simatupang mengatakan target kinerja yang ada pada RPJMD memang mengalami naik turun namun dengan rata – rata yang sangat bagus.

Tidak bisa dipungkiri, Rolekson mengakui kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur sangat baik jika melihat target yang dicapai pada pemerintahan selama 5 tahun.

“Evaluasi sudah selesai, tapi kita mau exit ini sekarang. Nanti kita diakhir ada pertemuan laporan hasil pemeriksaan kita. Nanti dari Jakarta dikirim ke provinsi hasilnya yang lebih rinci. Evaluasi ini agar nantinya ditindaklanjuti Gubernur yang terpilih atau pejabat yang terpilih supaya nanti dia melanjutkan semuanya,” ungkap Rolekson saat ditemui usai audiensi.

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim juga mengungkapkan hal yang sama bahwa pada dasarnya dirinya bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sudah melakukan yang terbaik.

Namun bukan berarti hal tersebut jauh dari kekurangan. Sehingga Idris berharap selanjutnya akan berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang ada.

“Pada dasarnya kita sudah mengusahakan dengan cukup baik tetapi memang masih ada kekurangannya. Nantinya akan dimasukkan dalam LHP secara rinci dan akan dikirim ke Pemerintah Provinsi Gorontalo. Diharapkan LHP itu nantinya akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi sejauh mana rincian kekurangan – kekurangnya. Insya allah semuanya bisa berjalan sesuai ketentuan peraturan perundangan yang ada,” ungkap Idris.

Selanjutnya, pada pertemuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh Itjen Kemendagri hasil pemeriksaan akan dituangkan lebih rinci dan dikirimkan dari pusat ke Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Kemudian hasil pemeriksaan tersebut menjadi evaluasi yang akan ditindaklanjuti dan diteruskan oleh Penjabat Gubernur atau Gubernur yang nantinya akan terpilih pada Pemilu 2024.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top