Pemprov Gorontalo Kunker Ke BPTP Sulut - REPUBLIKPOS.COM
News

Pemprov Gorontalo Kunker Ke BPTP Sulut

Republikpos.com, Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim melakukan kunjungan kerja ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, Sabtu (5/3/2022).

Wagub Idris yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo disambut langsung oleh Kepala BPTP Sulut, Ismail Maskromo.

Pada pertemuan itu digelar diskusi yang membahas berbagai permasalahan dan upaya pengembangan pertanian di Gorontalo. Mulai dari pengolahan lahan, penyediaan bibit unggul, pupuk, penanganan hama, serta pasca panen.

Salah satu hal menarik yang disampaikan oleh BPTP Sulut yaitu potensi Gorontalo untuk mengembangkan program Tanam Jagung Panen Sapi. Program yang mengintegrasikan antara tanaman dan ternak ini bisa menghasilkan 4F, yaitu Food atau pangan kebutuhan manusia, Feed atau pakan ternak, Fuel atau bahan bakar, serta Fertilizer atau pupuk organik.

“Program ini merupakan konsep pertanian ramah lingkungan yang bisa memberi manfaat lebih kepada para petani. Kami sudah kembangkan di Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Gorontalo Utara sudah datang belajar untuk pengembangan program Tanam Jagung Panen Sapi ini,” jelas Ismail Maskromo.

Sementara itu Wagub Idris menilai program tersebut sangat cocok dikembangkan di Gorontalo. Dikatakannya, Pemprov Gorontalo melalui Dinas Pertanian akan mempelajari konsep Tanam Jagung Panen Sapi, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti kerja sama dengan BPTP Sulut.

“Program ini sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Apalagi rakyat Gorontalo itu suka mencontoh, artinya jika program ini berhasil, pasti mereka akan tertarik dan mengikutinya,” tandas Wagub Idris.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top