Idah Syahidah Apresiasi Lomba Inovasi Produk UMKM - REPUBLIKPOS.COM
Business

Idah Syahidah Apresiasi Lomba Inovasi Produk UMKM

Republikpos.com, Gorontalo – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo Idah Syahidah mengapresiasi lomba inovasi produk UMKM yang digelar oleh Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Rabu, (23/2/2022).

Lomba ini dinilainya mampu meningkatkan kreativitas pelaku usaha dan peningkatan mutu produk UMKM.

“Tentu dengan adanya lomba ini, para pelaku UMKM bisa lebih kreatif agar produk yang dihasilkan punya nilai jual. Apalagi ditengah situasi pandemi yang entah kapan akan beakhir ini. Kita harus mampu berpikir upaya apa yang harus dilakukan guna mempertahankan produk dipasaran,” ungkap Idah Syahidah saat membuka kegiatan lomba Gembyar UMKM Gorontalo 2022, di Ballroom Hotel Grand-Q, Rabu (23/2/2022).

Tahap pendaftaran lomba inovasi yang diinisiasi Diskomperindag ini telah dimulai sejak tanggal 17 Februari 2022. Saat ini telah terpilih 20 besar pelaku UMKM yang behasil masuk ke tahap berikutnya, yang terdiri dari kategori UMKM Potensial dan UMKM Unggul.

“Selaku ketua dekranasda saya sangat support lomba-lomba seperti ini. Bagaiman seseorang bisa meningkatkan produknya, apalagi saat ini semuanya bersaing, bersaing menciptakan produk-produk unggulan. Sekarang saja di Gorontalo yang hanya terkenal dengan satu produk kripik pisang, sekarang pelaku UMKM sebagian hampir 60 persen menjual pisang.  Ini tentunya menjadi tolak ukur kita semua,” tambah anggota DPR RI ini

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Diskomperindag Provinsi Goralon, Risjon Sunge. Pihaknya menyampaikan lomba yang dilakukan berupa lomba foto dan video promosi UMKM yang ada di Gorontalo.

Lomba ini bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM agar dapat membuat media promosi untuk produknya.

“Inovasi itu artinya membuat hal baru tapi tentu tidak menjiplak. Artinya tidak mengikuti produk lainnya, inovasi dengan ide sendiri yang dihasilkan dan dikembangkan. Tujuan lomba ini tentu agar pelaku UMKM Gorontalo bisa memperluas pangsa pasar melalui media digital,” bebernya.

Puncak lomba inovasi produk ini akan berlangsung Sabtu 26 Februari di City Mall Gorontalo. Selain pengumuman pemenang, kegiatan puncak ini akan diisi dengan vaksinasi massal yang dapat diikuti oleh masyarakat umum lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top