Usulan H.B Jassin Pahlawan Nasional, Wagub: Sangat Layak - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Usulan H.B Jassin Pahlawan Nasional, Wagub: Sangat Layak

Republiklos.com, Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka seminar nasional pengusulan almarhum Hans Bague (H.B) Jassin sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Gorontalo secara virtual di ruang kerjanya di Gubernuran Gorontalo, Selasa (22/2/2022).

Seminar nasional secara luring digelar di Kantor Perpustakaan Nasional, Jakarta.

“Tahun ini Pemerintah Provinsi Gorontalo mengajukan almarhum H.B Jassin sebagai Pahlawan Nasional. Seminar nasional ini untuk memenuhi amanah Undang-Undang 20 Tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan sebagai salah satu syarat pengusulan Pahlawan Nasional,” kata Wagub Idris dalam sambutannya.

Wagub Idris menegaskan, H.B Jassin sangat layak ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional karena jasa-jasanya yang sangat besar, serta tidak hanya diakui oleh masyarakat dan bangsa Indonesia, tetapi juga oleh dunia internasional.

Idris berharap, melalui seminar tersebut akan diperoleh pandangan dan pembuktian kesejarahan bahwa sastrawan yang dijuluki “Paus Sastra Indonesia” itu layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

“Almarhum H.B Jassin sungguh layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional karena kiprahnya di bidang kritik dan dokumentasi sastra yang mendunia. Sejak tahun 1939, almarhum juga berjuang dengan konsisten, penuh pengorbanan, gigih dan berintegritas moral, serta berintelektual dalam membesarkan beradaban Indonesia di bidang sastra, kebudayaan, dan literasi,” tegas Idris.

H.B Jassin lahir di Gorontalo pada tanggal 31 Juli 1917 dan meninggal di Jakarta pada 11 Maret 2000 yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata.

Sejumlah penghargaan yang diterima almarhum antara lain Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden RI tahun 1994, Bintang Satyalanca Kebudayaan RI tahun 1969, dan ASEAN Award 1990.

Pada tahun 1993, H.B Jassin juga menerima Gelar Adat Gorontalo atau Pulanga “Ti Molotinepa Wulito” yang artinya Sang Putra Terbaik Bangsa yang Menguasai Bahasa.

Selain H.B Jassin, Pemerintah Provinsi Gorontalo tahun ini juga mengusulkan kembali almarhum Aloei Saboe sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2022.

Aloei Saboe sebelumnya sudah diajukan pada tahun 2021 dan masuk dalam delapan besar tokoh yang diusulkan ke Presiden Joko Widodo untuk memperoleh gelar Pahlawan Nasional.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top