H.B Jassin Raih Dukungan Anis Baswedan Jadi Pahlawan Nasional - REPUBLIKPOS.COM
News

H.B Jassin Raih Dukungan Anis Baswedan Jadi Pahlawan Nasional

Republikpos.com, Gorontalo – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswaden mendukung almarhum Hans Bague (H.B) Jassin sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Gorontalo.

Dukungan tersebut disampaikannya pada Seminar Nasional pengusulan H.B Jassin menjadi Pahlawan Nasional di Kantor Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (22/2/2022).

“Kami sangat mengapresiasi ikhtiar untuk menempatkan H.B Jassin sebagai Pahlawan Nasional. H.B Jassin ini menjadi penghubung antara Gorontalo dan Jakarta. Lahirnya di Gorontalo, bersemayamnya di Jakarta, bermanfaatnya di seluruh Indonesia,” ujar Anies Baswedan dalam sambutannya pada seminar itu.

Anies mengatakan, H.B Jassin memiliki peran besar dalam perjalanan kebangsaan Indonesia. Oleh karena itu, seminar tersebut menurut Anies tidak hanya sekedar menapaktilasi setiap momen perjalanan hidup H.B Jassin, tetapi lebih dari itu memaknai perjuangannya.

“Bukan sekedar menuliskan rentetan peristiwa yang dialaminya karena kita semua sadar betapa besar peran seorang H.B Jassin di dalam perjalanan kebangsaan kita. Beliau ini unik, profesi yang membuatnya terkenal adalah kritikus sastra, pekerjaannya mengkritik kata-kata. Pusat Dokumentasi Sastra yang didirikannya menjadi salah satu yang terlengkap di dunia,” urai Anies.

Anies mengakhiri sambutannya dengan membacakan puisi berjudul Doa karya H.B Jassin yang ditulis tahun 1945.

Doa
Di atas runtuhan lahir dan batin
Oleh gempa peperangan dunia
Dalam sedih dan duka dunia berjuang
Terlahir Negara Indonesia Merdeka

Semoga bangsa mulia sempurna
Senantiasa ingat kepada Tuhan
Penjelmaan lahir segala yang indah
Di dalam laku dan perbuatan

Ya Allah, berilah ilham yang suci abadi
Dalam pekerjaan bangsa kami
Turut membentuk perdamaian dunia
Manusia utama lahir dan batin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top