Sekdaprov Gorontalo Hadiri Webinar Optimalisasi Pemanfaatan BMD - REPUBLIKPOS.COM
News

Sekdaprov Gorontalo Hadiri Webinar Optimalisasi Pemanfaatan BMD

Republikpos.com, Gorontalo – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda mengikuti Webinar series optimalisasi pemanfaatan barang milik baerah (BMD) secara virtual dari ruang Huyula Kantor Gubernuran, Rabu (9/2/2022).

Kegiatan ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Plh. Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni.

Webinar seri lima ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah.

Fatoni dalam sambutannya mengatakan peningkatan pendapatan asli dearah melalui optimalisasi pemanfaatan aset dapat meningkatkan keberhasilan pembangunan dan juga dapat memperbaiki pelayanan publik karena pendapatan asli daerah diterima langsung oleh daerah dan akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Barang milik daerah apabila dikelola dengan baik dapat memberikan peluang bagi pemanfaatan dan juga peningkatan PAD serta meningkatkan fasilitas publik. Namun jika tidak dikelola dengan semestinya, keberadaan aset justru menjadi beban biaya karena sebagian dari aset membutuhkan biaya perawatan dan pemeliharan serta akan terjadi penurunan nilai seiring dengan perjalan waktu,” ujar Fatoni.

Fatoni menilai dalam upaya pembenahan dan pengelolaan aset daerah perlu ada komitmen yang kuat dari pemerintah daerah.

Menurutnya ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh pemerintah daerah, di antaranya kurang optimal pengelolaan aset daerah, kapasitas pengelola aset daerah belum memadai, penataausahan aset belum tertib dan optimal.

Selain itu, pelaksanaan pemanfaatan BMD cenderung tidak sesuai dengan rugalasi, aset yang tidak dimanfaatkan dengan semestinya serta ada BMD yang masih dikuasai atau dipergunakan oleh pihak lain yang tidak sesuai dengan perundangan.

“Oleh karena itu sinergitas antara kementerian lembaga, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang ada di daerah ini akan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top