Gorut Bentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan - REPUBLIKPOS.COM
News

Gorut Bentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

Republikpos.com, Gorontalo – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) melakukan terobosan dan inovasi dengan membuat sistem informasi penanggulangan kemiskinan.

Hal itu dilaporkan oleh Wakil Bupati Gorut, Thoriq Modanggu, selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Gorut pada audiensi dengan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di Gubernuran Gorontalo, Kamis (4/11/2021).

“Saya melaporkan langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh TKPK Gorut kepada Wagub Idris Rahim selaku Ketua TKPK Provinsi Gorontalo. Salah satunya menyangkut sistem informasi data kemiskinan,” ungkap Thoriq usai audiensi itu.

Thoriq menjelaskan, sistem informasi tersebut memuat data warga miskin berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Salah satu manfaatnya kata Wabup Gorut, memudahkan dalam mengontrol penyaluran bantuan kepada warga miskin, baik bantuan yang bersumber dari dana desa maupun APBD Kabupaten dan Provinsi.

“Cukup memasukkan NIK, kita akan tahu masyarakat sudah menerima bantuan atau belum, dan sumbernya dari mana,” ujarnya.

Sementara itu Wagub Idris Rahim mengapresiasi inovasi yang dilakukan TKPK Gorut dalam menanggulangi kemiskinan.

Idris berharap, sistem informasi tersebut bisa menyajikan data warga miskin secara akurat sehingga penanganan kemiskinan lebih tepat.

“Data ini selalu menjadi persoalan dalam penanganan kemiskinan. Setiap instansi memiliki data yang berbeda. Saya berharap dengan sistem informasi ini data kemiskinan lebih akurat,” pungkas Idris.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top