Pemprov Gorontalo Pantau Pelaporan Vaksinasi Desa - Site tit
Provinsi Gorontalo

Pemprov Gorontalo Pantau Pelaporan Vaksinasi Desa

Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo mulai melakukan pemantauan pelaporan vaksinasi di setiap desa. Pemantauan tersebut sehubungan dengan diluncurkannya aplikasi berbasis website untuk pelaporan percepatan akselerasi vaksinasi di Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba usai pemantauan pelaksanaan optimalisasi vaksinasi tingkat kelurahan dan desa oleh ASN dilingkup Pemprov Gorontalo di kantor Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Jumat (20/8/2021).

“Untuk menindaklanjuti terkait rapat forkopimda dan peluncuran sistem pemantauan akselerasi vaksinasi, hari ini saya secara langsung melihat implementasi teman-teman OPD di Kecamatan Batudaa. Alhamdulillah hari ini teman-teman ASN Biro Umum sudah mulai jalan melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi sekaligus memberikan pendampingan mengisi aplikasi,” ucapnya. 

Darda mengungkapkan bahwa setiap OPD ini ditugaskan untuk memantau dan memberikan pendampingan kepada aparat desa dan kecamatan dalam menginput data vaksinasi ke dalam aplikasi. Darda menyebutkan hanya ada dua kolom yang harus dilaporkan kepala desa atau lurah secara harian.

Jumlah masyarakat yang divaksin dosis pertama hari ini dan jumlah masyarakat divaksin dosis kedua hari ini. Nantinya hasil pengisian tersebut bisa dipantau langsung oleh gubernur serta bupati/wali kota.

“Alhamdulillah karena aplikasinya gampang digunakan, tadi kita sudah ngobrol dan sudah bisa langsung dipahami oleh petugas di sini. Mudah-mudahan harapan pak gubernur dan forkopimda akselerasi vaksinasi ini bisa kita pantau tiap saat,” terang Darda.

Sementara itu, Kepala Biro Umum Reflin Buata menjelaskan, bahwa dalam pemantauan tersebut setiap OPD membagi ASN nya di setiap kelurahan dan desa. Untuk biro umum sendiri memantau 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo, yakni Batudaa, Asparaga dan Bantudaa Pantai. Pelaksanaannya dimulai hari Jumat hingga Sabtu.

“Jadi kita hanya memantau progres setiap hari berapa orang sih yang divaksinasi dan berapa orang belum divaksinasi. Jika ada desa yang belum menginput akan kita beri sosialisasi dan pendampingan cara mengisi data diaplikasi,” jelas Reflin.

Selain Biro Umum, ASN Biro Organisasi juga sudah mulai melakukan pemantauan dan pendampingan di empat kecamatan di Kota Gorontalo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top