Wagub Gorontalo Minta OPD Percepat Serapan Anggaran DAK Fisik 2021 -
Provinsi Gorontalo

Wagub Gorontalo Minta OPD Percepat Serapan Anggaran DAK Fisik 2021

Republikpos.com, Gorontalo – Dorong percepatan serapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2021, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo yang memperoleh dana tersebut untuk mempercepat penyerapan anggarannya.

Hal tersebut disampaikan Idris Rahim dalam sambutannya pada rapat koordinasi percepatan penyerapan DAK yang berlangsung secara virtual di ruang kerja Wagub di Gubernuran Gorontalo, Selasa (3/8/2021).

“Saya minta penyerapan DAK Fisik perlu dipercepat. Dikhawatirkan kalau belum cair, kemungkinan anggarannya akan ditunda oleh pemerintah pusat dan akan digeser ke program-program lain,” tegas Idris.

Pemerintah Provinsi Gorontalo pada tahun anggaran 2021 memperoleh alokasi DAK Fisik sebesar Rp133,9 miliar. Anggaran tersebut untuk membiayai 13 kegiatan yang ada di tujuh OPD Provinsi Gorontalo, yaitu Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pertanian, serta Dinas Kelautan dan Perikanan.

Dari total anggaran DAK Fisik tersebut, yang terserap hingga saat ini sebesar Rp30,5 miliar atau 22,81 persen. Oleh karena itu Wagub Idris menginstruksikan OPD yang memperoleh DAK Fisik untuk memacu pelaksanaan program dan kegiatannya agar anggarannya bisa segera dicairkan.

“Belanja pemerintah sangat dibutuhkan untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi Gorontalo dan kesejahteraan masyarakat utamanya di masa pandemi COVID-19,” tandas Idris.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top