Wagub Idris Minta Bumikan Alquran di Serambi Madinah - Site titl
Provinsi Gorontalo

Wagub Idris Minta Bumikan Alquran di Serambi Madinah

Republikpos.com, Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengajak seluruh umat Islam untuk membumikan Alquran di Provinsi Gorontalo yang dikenal sebagai Serambi Madinah.

Hal itu ditegaskannya saat membuka Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2021 di Asrama Haji Gorontalo, Selasa (22/6/2021).

“Membumikan Alquran itu tidak hanya dengan membacanya setiap saat, tetapi juga mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” kata Idris.

Idris mengutarakan, bagi masyarakat Gorontalo yang mayoritas beragama Islam, Alquran harus menjadi pedoman dan penuntun dalam membina hubungan dengan Sang Maha Pencipta, Allah Swt, antara sesama manusia, serta hubungan manusia dengan lingkungannya.

Hal itu kata Wagub, sejalan dengan filosofi masyarakat Gorontalo yakni “Adat bersendikan Syara, dan Syara bersendikan Kitabullah”.

“Semua masalah yang dihadapi manusia, solusinya ada dalam Alquran. Sehingga itu wajib bagi kita untuk mempedomaninya,” ujar Wagub.

Lebih lanjut Wagub berharap, penyelenggaraan STQH di masa pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat peserta dalam mengikuti cabang-cabang yang dilombakan.

Idris bahkan menaruh harapan besar, STQH tahun 2021 dapat melahirkan qari dan qariah yang handal dan membawa harum nama Gorontalo ditingkat nasional.

“Pesan saya tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Panitia dan seluruh peserta wajib menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak dan hindari terjadinya kerumunan,” tutur Wagub.

Cabang-cabang yang dilombakan pada STQH tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2021 meliputi seni baca Alquran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, serta hafalan Hadis.

STQH diikuti oleh 69 peserta dari enam kafilah kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo. STQH akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 22 hingga 25 Juni 2021.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top