KasDa Online, Pemkab Gorontalo MoU dengan PT Bank Sulutgo dan BPKP -
Ekonomi

KasDa Online, Pemkab Gorontalo MoU dengan PT Bank Sulutgo dan BPKP

Republikpos.com, Kabgor – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menjalin kelanjutan kerjasama dengan pihak PT Bank Sulutgo dan BPKP Perwakilan Gorontalo guna pemanfaatan aplikasi Kas Daerah (KasDa) secara online sistem yang terintegrasi dengan aplikasi simda keuangan.

Kerjasama ini tertuang lewat Memorandum of Understanding atau Nota Kesepahaman yang ditandangani langsung oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo bersama Direktur pemasaran PT Bank Sulutgo Machmud Turuis, serta Kepala BPKP Perwakilan Gorontalo, Agung Ragil Pujono, bertempat di Kantor Bank Sulutgo Cabang Utama di Manado, Rabu (14/06/2021).

Pada kesempatan itu, Direktur pemasaran PT Bank Sulutgo Machmud Turuis menuturkan, suatu kebanggaan bagi BSG karena mendapatkan kepercayaan dari Pemkab Gorontalo untuk mengelola serta mengembangkan aplikasi keuangan daerah.
Sehingga, sudah menjadi komitmen BSG untuk terus meningkatkan layanan kepada seluruh stakeholder dan nasabah BSG.

Machmud berharap, dengan adanya perjanjian kerjasama pada lingkungan pemerintahan Kabupaten Gorontalo  BSG  dapat terus dipercaya dalam rangka memajukan dan membangun perekonomian di daerah sulawesi utara dan gorontalo, khususnya di Kabupaten Gorontalo.

Dia menjelaskan, aplikasi Kasda Online  merupakan sebuah kebutuhan dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang optimal. tidak dapat dipungkiri, di era modern digital seperti saat ini,  tantangan yang dihadapi semakin besar.

” Karena itu dibutuhkan program yang baik dan tepat bagi  permasalahan administrasi keuangan untuk menghindari berbagai risiko hukum,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, ada beberapa manfaat dari Kasda online. Antara lain mengurangi risiko pengembalian berkas surat perintah pencairan dana (sp2d) yang dikarenakan adanya kesalahan nomor rekening atau nama bank tujuan. Pemerintah daerah dapat memantau kondisi keuangan kas daerah terkini melalui rekening koran setiap waktu.

“Meningkatkan kontrol terhadap pengeluaran rekening kas daerah di bank oleh bendahara umum daerah (bud) atau kuasa bud. memudahkan kas daerah dalam melakukan integrasi dengan aplikasi pengelolaan keuangan eksternal yang sudah digunakan di pemerintah daerah,” ungkap Nelson.

Kata Nelson lagi, manfaat aplikasi ini dapat Mempermudah kas daerah dalam membuat laporan terhadap laporan keuangan pencairan sp2d ke bank, dan terakhir mendekatkan pelayanan dan mempermudah administrasi bak dan kas daerah dalam proses pencairan SP2D.

“Perjanjian ini merupakan bukti konkrit atas kepercayaan pemerintah Kabupaten Gorontalo  terhadap BSG. Kami terus selalu menjaga kepercayaan ini dengan memberikan pelayanan dan perhatian secara maksimal sehingga kepercayaan dan kerjasama ini dapat terus berlangsung pada hari-hari kedepan,” pungkas Nelson.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top