PKK Kabgor Canangkan Budidaya Lidah Mertua - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

PKK Kabgor Canangkan Budidaya Lidah Mertua

Republikpos.com, Kabgor – Melalui gerakan  organisasi perempuan sebagai mitra pemerintah yakni PKK Kabupaten Gorontalo saat ini tengah mengkampanyekan gerakan  tanaman hias “Lidah Mertua” atau Sansevieria.

Melalui gerakan PKK tingkat desa dan kecamatan, Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway berharap agar ibu – ibu mensosialisasikan dan mengajak masyarakat menanam tanam hias yang banyak manfaatnya tersebut.

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo, Dr. Fory Naway mengatakan, Lidah Mertua atau Sansevieria atau snake plant menjadi salah satu tanaman hias yang cukup populer sebagai pajangan di dalam rumah karena dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya  matahari.

Sansevieria sangat mudah dibudidayakan bahkan dalam kondisi lingkungan yang kurang memadai. Tanaman ini adalah  berasal dari Afrika Selatan, Arab, India,dan Indonesia. Dengan ujung meruncing merupakan karakter bentuk lidah Mertua.

Kata Fory Naway, selain berfungi sebagai tanaman hias, lidah mertua memiliki manfaat luar biasa yang mana mampu menghisap berbagai macam polusi udara.

“Dibandingkan tumbuhan lain, tanaman Sansevieria memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzane, formaldehyde dan trichoroethylene,” kata Fory Naway.

Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo itu menambahkan, Sansevieria banyak jenis dan macamnya. Antara lain, Sansevieria Cylindrica, Sansevieria Trifasciata dan Sansevieria stuckyi.

Budidaya tanaman Sansevieria ini akan dilombakan dan puncaknya pada bulan November tahun 2021.

Manfaatnya sangat banyak, pembersih udara alami terbaik, penghilang polusi udara dalam maupun luar ruangan, pemasok oksigen melimpah,tanaman anti kanker,menyerap radiasi.

Selain itu juga, membantu mengobati wasir, menyembuhkan sakit kepala dan menurunkan resiko diabetes.

Tak hanya itu, potensi peluang budidaya Lida mertua tampail sangat menguntungkan bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga.

“Prospek bisnis budidaya lidah mertua sangat menggiurkan dan bisa dijalankan semua orang termasuk ibu- ibu PKK untuk peningkatan ekonomi keluarga,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top