SAKIP dan RB Kabupaten Gorontalo Kantongi Kategori B - Site titl
Kabgor

SAKIP dan RB Kabupaten Gorontalo Kantongi Kategori B

Republikpos, Kabgor – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, kembali menggelar SAKIP-RB Award 2020, yang dilaksanakan Kamis (22/4/2021), pekan kemarin  di Jakarta.

Meski tak mendapatkan award, namun Kabupaten Gorontalo menjadi daerah dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Gorontalo tergolong bagus. Hasil SAKIP Kabgor berada di kategori B, demikian pula penilaian Reformasi birokrasi juga kategori B.

“Yang diumumkan itu adalah kategori atau predikat dan kami pemda masih menunggu nilai SAKIP dan RB provinsi, kabupaten dan kota melalui surat resmi hasil evaluasi dari Menpan RB dan dikirim ke Biro Organisasi Provinsi Gorontalo,” jelas Kepala Bagian Ortala Setda Kabupaten Gorontalo Rahmat Mohammad.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan saat ini tim dari Biro Organisasi masih menunggu konfirmasi dari Menpan RB.

“Nilainya secara keseluruhan di belum ada. Saya sementara menunggu info dari Kepala Biro,” tambah dia lagi.

Karena itulah pihaknya belum bisa memastikan adanya peningkatan nilai pada SAKIP Kabgor tahun ini. Sebab merujuk pada penilaian SAKIP RB untuk tahun 2019, Kabgor juga mengantongi kategori B.

“Untuk tahun 2019 nilai SAKIP kita 65,01 dan nilai RB 61,05. Nah jika nilai SAKIP-RB 2020 sudah kita dapatkan, kita bisa melihat apa ada peningkatan. Hasilnya inilah yang akan jadi bahan evaluasi kita ke depan,” lanjut dia.

Sebagai informasi nilai SAKIP Kabupaten Gorontalo dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Contohnya indeks RB Kabupaten Gorontalo tahun 2018 memperoleh nilai 58,58 atau kategori CC.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top