Hebat, Pemkab Gorontalo Alihkan Status Sekolah Swasta Menjadi Negeri - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
Kabgor

Hebat, Pemkab Gorontalo Alihkan Status Sekolah Swasta Menjadi Negeri

Republikpos, Kabgor – Terobosan baru kini dilakukan Pemerintahan Bupati Nelson Pomalingo dan Wabup Hendra Hemeto, walau masa jabatannya terbilang baru saja Kick Off atau baru sebulan.

Namun, kedua figur itu telah sepakat melakukan inovasi dan terobosan baru guna meningkatkan sektor pendidikan di daerah ini.

Hal itu diungkapkan Nelson saat meresmikan sekolah TK pembina di desa mollalahu Kecamatan Pulubala, Sabtu (20/03/2021).

Untuk mengembangkan sekolah Taman Kanak- Kanak ( TK), Bupati Nelson mengalih fungsikan sekolah TK swasta menjadi sekolah negeri.

Seperti diketahui, alih fungsi sekolah ini akan dilaksanakan disetiap wilayah yakni satu kecamatan satu sekolah TK swasta menjadi sekolah Negeri.

“Hal ini dilalukan karena fakta menunjukan, ada 72 guru TK terhambat tidak bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil karena mengajar di sekolah swasta. Maka hari ini guna memudahkan akses itu sekolah itu dialih fungsikan menjadi negeri dan ini adalah sejarah baru di Kabupaten Gorontalo,” beber Nelson,

Lanjut Nelson, ini memberikan peluang besar bagi guru honorer menjadi guru ASN.

Tak hanya itu, Peluang berkembang sekolah itu sendiri karena bakal memudahkan masuknya anggaran besar baik dari pusat maupun daerah.

“Anggaran lebih baik lagi baik dari pusat maupun daerah sebagai bentuk pengembangam sekolah,” imbuhnya.

Karena itu dirinya meminta kepada kepala sekolah untuk membenahi sekolahnya dengan. Baik murid atau anak anak sekolah hingga fasilitasnya.

“Diharapkan membina sekolah-sekolah lain. Menjadi tole model bagi sekolah sekitar sehingga akan berkembang lebih baik lagi,” ujar Nelson.

Alasan lain, kata nelson karena TK itu adalah pondasi kuat untuk pengembangan SDM anak. Kalau pondasi dari TK sudah kuat maka secara otomatis sumber daya manusia menjadi bagu sampai ketingkat SMP dan SMA.

“Termasuk pengangkatan P3K hingga menjadi pegawai negeri,” sambung Nelson.

Dalam kesempatan itu, Bupati dua periode itu mengatakan, persoalan keterlambatan pembayaran sertifikasi guru akan segera diselesaikan.

“Sertifikasi guru bakal di bayarkan dalam waktu dekat yakni antara dari bulan desember januari februari hingga bulan maret,” ujarnya.

Mantan rektor itu pun mengatakan, bertepatan hari pendidikan nasional 2 mei, semua sekolah di Kabupaten Gorontalo akan dibuka.

Saat ini kata Nelson sudah mulai ada proses uji coba disemua sekolah dan bulan mei serenak dibuka.

Namun bagi Nelson, ini pun menjadi dan harus kesepatakan brsama orang tua.

Anak-anak hari ini sudah mulai jenuh berada di rumah terus termasuk stres demgan sistem pembelajaran yang kurang efekti karena melalui virtual.

“Ketika disepakati bersama orang tua maka bulan Mei bertepatan hari pendidijan nasional selruh sekokah dibuka. Dengan pembelajaran mengedepankan protolol kesehatan,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top