Ketahanan Keluarga, Nelson Pomalingo; Ada Tiga "K" dalam Kesetaraan Gender - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Ketahanan Keluarga, Nelson Pomalingo; Ada Tiga “K” dalam Kesetaraan Gender

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama kader DWP Kabupaten Gorontalo, Minggu (14/3/2021)

Republikpos, Kabgor – Menutup kegiatan pelatihan ketahanan keluarga berbasis wawasan gender tahun 2021, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengapresiasi kegiatan tersebut.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui organisasi perempuan, Darma Wanita Persatuan (DWP), terus mendorong kesetaraan gender dalam keluarga.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, kesetaraan gender dalam relasi keluarga merupakan salah satu pondasi dalam mewujudkan ketahanan keluarga.

“Keluarga adalah Atom terkecil dalam kehidupan,” kata Bupati Nelson, saat menutup acara yang berlangsung di ballroom Hotel Grand Puri Manado, minggu (14/03/2021).

Karena itu kata Nelson, kesetaraan gender diwujudkan dalam ketahanan keluarga, ada tiga “K” yang harus diterapkan.

Pertama adalah Kapasitas. Kapasitas itu, ungkap Nelson, bukan saja pendidikan tapi bagaimana menjadi ibu yang baik termasuk kapasitas dengan suami dan ini perlu di dorong.

Kedua, Komunikasi dan komunikasi antara suami dan istri itu perlu dibangun dalam rangka ketahanan keluarga yang harmonis.

Ketiga Keseimbangan. Keseimbangan itu seimbang untuk peduli jangan hanya kepada anak tapi juga peduli kepada karir suami.

Dari tiga “K” itu bisa melahirkan lagi dua “K”. diantaranya Karir dan kebahagian.

Istri harus memberikan semangat dan input untuk karir suami. Istri memberikan masukan masukan dan insting yang baik kepada peningkatan karir suami.

Karena terkadang insting perempuan itu tinggi dalam rangka melindungi anak dan suami.

“Insting itu digunakan demi karir suami,” kata Nelson.

Selanjutnya, “K” berikut adalah Kebahagian. tidak sekedar karir tapi kebahagian pun harus diwujudkan karena pada akhirnya kita kembali keluarga.

“Kita percaya kepada keluarga karena apapun suka dan duka maka keluargalah yang kita paling kita percaya. Dimulai dari lingkungan sebagai pondasi ketahanan keluarga,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top