Hanya di Bone Bolango, "Ones Visit Seven Destinations" - REPUBLIKPOS.COM
Bone Bolango

Hanya di Bone Bolango, “Ones Visit Seven Destinations”

Pemberian cinderamata oleh Menparekraf Sandiaga Uno, kepada Plh Bupati Bone Bolango, Ishak Ntoma, Kamis (18/2/2021) di Jakarta.

Republikpos, Jakarta – Pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Plh Bupati Bone Bolango, Ishak Ntoma paparkan potensi pariwisata daerahnya, Kamis (18/2/2021).

Dihadapan Menparekraf, Sandiaga Uno, Ishak Ntoma sangat antusias menyampaikan Destinasi wisata di Bone Bolango yang akrab disebut “Ones Visit Seven Destinations”.

Hal itu juga disampaikannya kepada Republikpos usai pertemuannya dengan sang Menteri yang diketahui berdarah Gorontalo tersebut.

Katanya, bicara wisata itu bukan bicara administrasi tapi infrastruktur lintas batas, fasilitas dan destinasi.

“Kita bersyukur menterinya Pak Sandiaga Uno orang Gorontalo dan menyambut baik semua pemaparan kami dan para kepala daerah lain dari Gorontalo,” ujarnya.

Ishak juga mengatakan pertemuan yang di gagas oleh Gubernur Rusli Habibie sungguh luar biasa.

“Kami ucapkan terimakasih, sudah lama ini kami rindukan Pak Gubernur agar memediasi menghubungkan satu titik destinasi dengan titik lain, sehingga kita berharap ke depan¬† menjadi satu kekuatan di bagian utara timur Indonesia,” ujarnya.

Kami merasa mestinya pariwisata di Bone Bolango itu menjadi primadona, mengapa? Kita dekat dengan Kota dan ke Bandara lewat GORR juga cepat jadi destinasi kita bisa di katakan Mudah, Murah dan Cepat,” sambungnya.

Bone Bolango berobsesi punya pariwisata minat khusus, misalnya mengembangkan wisata-wisata alam.

“Bonebolango 72 persen konservasi dari semua hutan yang ada,” terangnya.

Ekowisata merupakan hal yang potensi dan sangat bernilai bila dikembangkan di Bone Bolango.

Dapat menjadi basic untuk kita bisa meningkatkan ekonomi pedesaan, mengurangi kemiskinan, menjaga kelestarian lingkungan membudayakan masyarakat.

Secara keseluruhan Provinsi Gorontalo membangun geopark, geopark itu sesuatu yang secara keseluruhan gabungan dari potensi pariwisata dan ekotourism.

“Alhamdulillah kami di Bone Bolango tahun ini mendapatkan pinjaman dari Pemulihan ekonomi nasional 200 milyar, antara 30 sampai 40 milyar akan kita dorong untuk membangun pariwisata,” kata Ishak.

Lanjutnya, ada Tempat wisata Lombongo, ada air terjun juga, dan kita akan padukan dengan lahan pertanian provinsi menjadi agrowisata.

Di Tilongkabila juga ada yang namanya puncak bukit Peapata dan bukit arang bisa untuk ekowisata, belum lagi wisata Burung Maleo di Desa Hungayono.

“Walau Bone Bolango tidak punya hotel, maka yang ada kita kembangkan wisata desa misalnya dengan membangun homestay, ini ada hubungannya dengan wisata alam dan harus berkelanjutan dan berpihak kepada kelestarian lingkungan,” ujarnya sembari melempar senyum.

Sambung Ishak, masih ada lagi Pinogu yang tidak kalah menarik karena disana ada bukti sejarah yang memperkuat asal muasal nenek moyang rakyat Gorontalo.

Hiu paus, Taman laut Olele, Danau perintis, Mato Bonebol atau Malioboronya Gorontalo, arung jeram di Sungai Bulango dan Sungai Bone dan masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di Bone Bolango.

“Sampai-sampai karena banyak destinasi wisata di Bonebolango maka kami istilahkan “ones visit seven destinations” sekali kunjungan 7 destinasi,” ungkapnya.

Pewarta: Rais Kamali

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top