Koperasi El Madani Bappeda Provinsi Gorontalo Panen Jagung Perdana - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Koperasi El Madani Bappeda Provinsi Gorontalo Panen Jagung Perdana

Republikpos, Gorontalo – Panen jagung perdana Koperasi El Madani Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, digelar pagi tadi, Senin (1/2/2021).

Didirikan pada tahun 2020, koperasi tersebut beranggotakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo.

Sektor pertanian menjadi salah satu bidang usaha koperasi dengan memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami jagung.

“Koperasi Bapppeda Provinsi Gorontalo telah membuktikan berhasil mengolah lahan tidur dengan menghasilkan enam ton jagung pada lahan seluas satu hektar. Ini patut menjadi contoh bagi masyarakat dalam memanfaatkan lahan tidur untuk peningkatan kesejahteraan keluarga,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada panen perdana dan pencanangan tanam di lahan yang dikelola oleh Koperasi El Madani.

Idris mengungkapkan, berdasarkan data Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo lahan tidur di Kabupaten Bone Bolango luasnya mencapai 12 ribu hektar.

Menurutnya, jika lahan seluas itu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, pasti akan berdampak pada peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian yang akan bermuara pada meningkatkanya kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita manfaatkan lahan tidur yang merupakan karunia Allah Swt ini. Pemprov Gorontalo pasti akan mendukung sepenuhnya, ada benih gratis, bajak gratis, serta ada juga alsintan yang disiapkan Dinas Pertanian untuk membantu petani,” tutur Idris.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, menyerahkan bantuan kepada sejumlah kelompok tani di Bone Bolango.

Bantuan terdiri dari benih jagung sebanyak 500 kilogram untuk dua kelompok tani, termasuk bantuan kepada Koperasi El Madani untuk lahan seluas dua hektar, bantuan benih sayur untuk tiga kelompok, serta bantuan pasca panen cengkeh sebanyak satu unit senilai Rp132 juta.

Ada juga bantuan bibit kelapa dalam seluas 25 hektar, bantuan alsintan berupa traktor roda dua sebanyak tiga unit, bantuan bajak gratis untuk lahan seluas 40 hektar, dan bantuan bibit ayam KUR sebanyak 400 ekor kepada tiga penerima.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top