Rusdi Mastura-Ma'mun Amir Unggul di Pilkada Sulteng Versi Hitung Cepat - REPUBLIKPOS.COM
Politik

Rusdi Mastura-Ma’mun Amir Unggul di Pilkada Sulteng Versi Hitung Cepat

Republikpos, Jakarta – Hasil hitung cepat atau quick count Poltracking maupun Charta Politica untuk Pilkada Sulawesi Tengah 2020 menempatkan pasangan calon nomor urut 2, Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir, mengungguli calon nomor urut 1, Hidayat Lamakarate dan Bartholomeus Tandigala.

Poltracking merilis pasangan Rusdy-Ma’mun memperoleh 60,63 persen, sementara Hidayat-Bartho 39,37 persen persen. Angka tersebut didapat dari 81,80 persen suara masuk per 17.00 WIB, Rabu (9/12/2020). Sedangkan data Charta Politica untuk Pilkada Sulteng hingga pukul 16.31 WIB dengan 82,33% data yang sudah masuk, Rusdi Mastura-Ma’mun Amir: 58,88% dan Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala: 41,13%.

Rusdi Mastura merupakan kader Partai NasDem, pernah menjabat sebagai Wali Kota Palu dua periode 2005-2010 dan 2010-2015. Sementara Hidayat Lamakarate adalah mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Pasangan Rusdi-Ma’mun mendapatkan dukungan dari 10 partai politik dengan menguasai 33 kursi dengan rincian: NasDem 7 kursi, PKS 4 kursi, PKB 4 kursi, Hanura 2 kursi, Perindo 2 kursi, Golkar 7 kursi, PAN 2, kursi, PPP 1 kursi, dan Partai Demokrat 4 kursi, serta Partai Garuda (non kursi). Sementara pasangan Hidayat-Bartholomeus diusung Partai Gerinda dan PDI Perjuangan dengan jumlah 12 kursi dan Partai Berkarya (non kursi)

Dalam pidato kemenangan dihadapan para pendukungnya, Rusdi Mastura bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah. “Hasil hitung cepat sudah selesai dan alhamdulillah kita menang, namun demikian kita tetap menunggu dan menghormati penyampaian dan keputusan dari KPU sebagai penyelenggara Pemilu,” ujarnya.

“Doakan kami (Rusdi-Ma’mun) menjadi pemimpin yang amanah, dan jauh dari godaan setan. Mudah-mudahan dengan kekuatan doa dari kita semua, akan menguatkan hati kami untuk tidak tergoda dan melenceng dari amanat yang sudah diberi oleh rakyat. Mari kita semua bersama-sama membangun Sulteng agar lebih maju kedepannya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top