DIPA dan TKDD Gorut 2021 Alami Penurunan, Ini Kata Bupati Indra - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Gorontalo Utara

DIPA dan TKDD Gorut 2021 Alami Penurunan, Ini Kata Bupati Indra

H. Indra Yasin, S.H., M.H. (Bupati Gorontalo Utara) disela-sela acara penyerahan DIPA dan TKDD tahun 2021, berpose dengan memegang dokumen DIPA dan TKDD yang telah diserahkan.

Republikpos, Gorut – Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengungkapkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran (TA) 2021 yang diterima Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara mengalami penurunan.

“DIPA dan TKDD untuk Gorut itu mendapatkan 600 miliar lebih (Rp 678,74 Miliar) dan memang mengalami penurunan dari tahun 2020,” ujar Indra Yasin saat menerima DIPA dan TKDD TA 2021 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo di Ballroom Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Kamis (3/12/2020) kemarin.

Namun Bupati Indra menegaskan hal tersebut tidak membuat pelaksanaan program di masyarakat menurun.

“Justru untuk tahun 2021, kita masih fokus pada pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi,” ungkapnya.

DIPA dan Daftar Alokasi TKDD merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan bagi para menteri, pimpinan lembaga, dan kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TKDD meliputi DBH Pajak dan Sumber Daya Alam, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non fisik, Dana Insetif Daerah (DID) dan Dana Desa (DD). Kebijakan TKDD diarahkan untuk peningkatan quality control anggaran, mendorong pemerintah daerah dalam pemulihan ekonomi, serta peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan dalam rangka mendukung pemulihan dan penguatan ekonomi nasional tahun 2021 mendatang.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top