Cegah Erosi, Pemkab Gorut Akan Galakkan Tanam Pohon di Bantaran Sungai - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Cegah Erosi, Pemkab Gorut Akan Galakkan Tanam Pohon di Bantaran Sungai

Republikpos, Gorut – Dalam melestarikan sumber daya hutan yang ada, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara secara spesifik telah mewajibkan pemilik lahan maupun pemerimtah daerah untuk menanami lahannya dengan tanaman tahunan dan musiman, seperti durian, cengkih dan tanaman vegetatif lainnya.

“Upaya ini yang akan kita lakukan, agar sedimentasi yang ada di hulu dan hilir bisa menahan sedimentasi,” ungkap Bupati Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin saat membuka Rapat koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai (WS) Limboto-Bolango-Bone di Aula Gerbang Emas Kantor Bupati Gorut, Senin (26/10/2020).

Dalam kegiatan ini, sejumlah poin penting yang menjadi topik pembahasan antara lain beberapa faktor alam mempengaruhi terjadinya erosi pada bentang alam akibat dari tidak dilakukan pengendalian terhadap air.

“Berbicara soal erosi, tentunya kita juga akan membahas konservasi dan itu ada kaitannya dengan unsur vegetatif, mekanik dan unsur kimia,” ujar Indra Yasin.

Pemerintah daerah kata Bupati Indra, terus berupaya dalam meminimalisir erosi dengan cara menggalakkan kembali penanaman pohon di sekitar bantaran sungai.

“Kita akan galakan kembali geliat menanam pohon di seluruh bantaran sungai untuk meminimalisir terjadinya erosi,” tuturnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top