9 Desa di Gorut Jadi Proyek Percontohan Desa Digital - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Gorontalo Utara

9 Desa di Gorut Jadi Proyek Percontohan Desa Digital

Ridwan Yasin (Sekretaris Daerah Gorontalo Utara) saat foto bersama kepala desa calon desa digital, Rabu (2/9/2020).

Republikpos, Gorut – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara menggagas desa digital sebagai tindak lanjut perintah Undang-undang (UU) tentang Sistem Informasi Desa. Sebanyak 9 desa dari total 123 desa akan menjadi proyek percontohan desa digital di Gorut.

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin mengatakan desa digital merupakan konsep program yang menerapkan sistem pelayanan pemerintahan yang dinamis terhadap pelayanan masyarakat.

“Ini salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan yang ada di daerah, apalagi saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat,” ujar Sekda Ridwan.

“Kedepan akan ada namanya bank data dan itu akan dipusatkan di kabupaten untuk membackup seluruh desa.  Nantinya akan ada orang yang bertugas dalam mengendalikan data,” tambahnya.

Berjalannya sistem informasi desa ini kata Ridwan, maka pelayanan pemerintah semakin dinamis dan tidak akan hanya terpaku pada surat dan lain sebagainya.

“Kalau sudah dalam bentuk sistem. Maka perkembangan informasi hanya satu menit sudah bisa diketahui oleh desa itu,” ungkapnya.

Sekda menambahkan program ini bersumber dari dana desa. Karena perintah UU sendiri menyebutkan bahwa telah menganggarkan di dana desa antara lain sistem yang menjadi prioritas.

“Saya diminta langsung oleh mereka untuk bersama-sama merancang itu, sekaligus mendampingi pihak ketiga yang akan menyosialisasikan sistem itu. Setiap desa mendapatkan kuota internet 40 Mbps,”pungkas Ridwan.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top