Sekda Gorut Akan Awasi Langsung Pembangunan Pamsimas di Seluruh Kecamatan - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Sekda Gorut Akan Awasi Langsung Pembangunan Pamsimas di Seluruh Kecamatan

Ridwan Yasin (Sekretaris Daerah Gorontalo Utara) saat memimpin rapat evaluasi program Pamsimas tahun 2020.

Republikpos, Gorut – Pembangunan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Gorontalo Utara akan diawasi langsung oleh Sekretaris Daerah Gorut, Ridwan Yasin.

Penegasan tersebut disampaikan Sekda Ridwan saat memimpin  rapat koordinasi dan evaluasi desa, pasca progres pelaksanaan Program Pamsimas III Tahun Anggaran 2020 dan perencanaan desa 2021 yang digelar di Kantor Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Gorut, Selasa (25/8/2020).

Menurut Sekda, Pamsimas bertujuan untuk memastikan sarana dan prasarana air bersih, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah dapat berfungsi secara baik.

“Ini Program untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah, olehnya itu keberadaannya harus bermanfaat kepada masyarakat,” ungkap Sekda Ridwan.

Ridwan juga meminta seluruh kepala desa yang hadir agar dapat memaksimalkan pembangunan Pamsimas.

“Pamsimas tahun ini ada penambahan lima desa baru. Kami sampaikan kepada seluruh kepala desa yang hadir dalam rapat ini untuk memaksimalkan program Pamsimas agar dapat berlangsung dan dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

“Jangan sampai hari ini misalnya selesai dibangun dan diresmikan, tapi satu minggu kemudian airnya sudah tidak ada. Saya kira itu bisa dideteksi, bagaimana mendapat debit air yang bagus. Tentu ada tekniknya, sehingga saya sampaikan jangan asal bangun saja,” tambah Ridwan.

Ridwan bahkan mewanti-wanti agar pelaksanaan Pamsimas ini harus dikerjakan secara teliti dan tidak asal jadi.

“Kami akan lihat dan kawal langsung di desa. Memang kami tidak punya keahlian untuk mendeteksi itu, tapi kami berharap bahwa orang-orang ahli di bidangnya harus dilibatkan. Untuk iurannya, nanti didasarkan pada peraturan desa. Iuran itu bukan untuk membenani masyarakat, akan tetapi untuk memelihara pamsimas itu sendiri,” pungkasnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top