Sekda Gorut Minta Posbindu di OPD Hingga Kecamatan Segera Dibentuk - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Sekda Gorut Minta Posbindu di OPD Hingga Kecamatan Segera Dibentuk

Ridwan Yasin (Sekretaris Daerah Gorontalo Utara) saat membuka sosialisasi peningkatan kapasitas kader posbindu.

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin berharap Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak menular (PTM) dapat segera dibentuk baik di tingkat Organisasi Perangkat daerah (OPD) hingga tingkat kecamatan.

Menurut Sekda Ridwan angka kematian terkait PTM terus meningkat dari tahun ke tahun. Olehnya itu, PTM bukan saja tanggungjawab Dinas Kesehatan tetapi juga lintas institusi.

“Posbindu ini segera dibentuk sekaligus dengan anggarannya akan kita bahas tahun ini. Ini merupakan langkah kita untuk bersama-sama melakukan perubahan perilaku individu maupun masyarakat untuk mencapai kesehatan yang optimal,” ujarnya saat membuka ¬†acara sosialisasi dan peningkatan kapasitas kader Posbindu Institusi yang digelar di Hotel Grand Q Gorontalo, Senin (24/8/2020).

Ridwan menjelaskan kegiatan ini sangat terpenting mengingat tujuan dari Posbindu-PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. PTM kata Ridwan merupakan penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman.

“Termasuk penyakit kronis degenerative, antara lain penyakit jantung, diabetes mellitus dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan,” ungkapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top