Enam Warga Kabgor Terima Anugerah SUMO Foundation Award 2020 - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
Kabgor

Enam Warga Kabgor Terima Anugerah SUMO Foundation Award 2020

Republikpos, Limboto – Tiga warga asal Kabupaten Gorontalo mendapat penghargaan dalam ajang Suharso Monoarfa (SUMO) Foundation Award 2020 yang digelar di Ballroom Hotel Dumhil, UNG, Sabtu (15/8/2020) kemarin.

Keenam warga tersebut masing-masing, Jatia Lahani, Saharia Mardia, Herlina A. Laiya yang berprofensi sebagai guru. Selanjutnya, Iwan Tangio sebagai pengusaha kecil arang tempurung, Heriyanto Gobel seorang pengusaha homestay serta Suparno A Hamsa seorang anggota polri.

Bupati Kabgor, Nelson Pomalingo yang turut hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi  para warganya yang mendapat penghargaan SUMO Foundation Award tahun ini.

“Ini orang-orang hebat, banyak pahlawan banyak orang yang mengabdikan diri tanpa pamrih, ini luar biasa dan ini yang harus kita dorong untuk masyarakat,” ungkap Nelson.

Nelson bahkan memerintahkan Kadis Pendidikan dan kebudayaan Kabgor untuk mengindentifikasi guru-guru yang penghasilannya belum layak untuk ditingkatkan kesejahteraannya dengan mengalokasikan anggaran pada APBD Perubahan.

“Kita identifikasi bagi guru honorer di pedalaman harus dua kali lipat gajinya kan tidak banyak itu. Jangan gaji guru dibawah satu juta, kita akan cek gaji guru dibawah satu juta, di APBD perubahan akan saya lakukan. Ini tersentak hati saya yang selalu saya sampaikan ini, tapi ternyata eksekusinya masih terbatas, bagi saya ini menjadi penyemangat,” tuturnya.

Terkait pengelolaan homestay, Bupati Nelson mengatakan, sejak awal pemerintah Kabupaten Gorontalo terus memberikan ruang untuk pariwisata.

“Semula mereka membangun di Kota Gorontalo, Tapi pindah di Kabupaten Gorontalo dan kami terus memberi ruang untuk pariwisata, bahkan saya sudah beberapa kali datang ditempat mereka,” ujarnya.

Sementara untuk menerima penghargaan di bidang usaha arang tempurung, Nelson menyebut tak hanya Kabupaten Gorontalo tapi seluruh Gorontalo punya potensi kelapa.

“Bulan depan akan ada hari kelapa dunia lagi, saya akan buat pameran dan salah satunya apa yang sudah diproduksi oleh yang mendapat anugrah tersebut,” ucapnya.

Nelson tak lupa mengapresiasi kepada Suparno A Hamsa, anggota Polri yang telah membangun masjid menggunakan dananya sendiri.

“Ini sangat luar biasa, pemerintah daerah mengapresiasi hal ini dan akan memberikan perhatian penuh,“ pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top