Pohuwato Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Pohuwato Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Republikpos, Bandung – Jelang akhir masa jabatan Bupati Syarif Mbuinga dan Wakil Bupati Amin Haras, Pemkab Pohuwato kembali mengukir prestasi di bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Mewakili Bupati, Wabup Amin Haras menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal HAM, Kemenkumham, Mualimin Abdi pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke-71 di Gedung Konfrensi Asia-Afrika 1955, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Wabup Amin yang didampingi Kabag Hukum dan HAM, Musimin Nento mengatakan, untuk kesekian kalinya Pemkab Pohuwato mendapat penghargaan peduli HAM dan khusus di Provinsi Gorontalo hanya dua daerah yang memperoleh penghargaan yakni kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo.

“Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM menilai Pohuwato sebagai daerah yang peduli hak asasi manusia. Saya harap capaian ini ditingkatkan dan dilanjutkan dimasa-masa akan datang,” kata Wabup Amin.

Wabup menyampaikan, penghargaan ini telah menunjukan bahwa Pemda Pohuwato berhasil memberikan perhatian dan kepedulian atas hak-hak asasi manusia.

“Jadi HAM itu tidak saja hak asasi terkait persoalan hukum dan politik, melainkan hak asasi manusia itu menyangkut hak kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi oleh pemerintah. Antara lain program kesehatan kepada masyarakat, sehingga masyarakat mudah untuk mengakses layanan kesehatan,” tambahnya.

Amin menambahkan, selain kesehatan, hak dasar tentang pendiidikan juga menjadi kebijakan Pemda serta hak-hak dasar kebutuhan lainnya berupa ekonomi, sosial, keagamaan yang sudah mendapatkan perhatian dari pada pemerintah daerah.

“Yang paling inti adalah hak dasar terhadap pelayanan kepada masyarakat yang sekarang ini semakin dipermudah dan diperlancar dengan menerapkan berbagai sistem ITE,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top