Bupati Darwis: Pemerintah dan Masyarakat Harus Bersinergi dalam Penanggulangan Bencana - REPUBLIKPOS.COM
Boalemo

Bupati Darwis: Pemerintah dan Masyarakat Harus Bersinergi dalam Penanggulangan Bencana

Republikpos, Boalemo – Bupati Boalemo Darwis Moridu menghadiri peringatan hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dirangkaikan dengan pengukuhan Tim Reaksi Cepat tingkat Kabupaten Boalemo bertempat di alun-alun Kota Tilamuta, Kamis (25/4/2019).

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf, Wakil Ketua DPRD Hardi Mopangga, Unsur Muspida, para asisten, Kepala SOPD dan ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo.

Bupati Boalemo Darwis Moridu dalam sambutannya mengatakan bahwa sejak disahkan Undang-undang No 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan Bencana Daerah, maka perlu peran aktif untuk menjaga keseimbangan alam dengan memperhatikan aspek-aspek kelestarian serta mempunyai prilaku yang aman bencana.

“Gambaran bencana kedepan pun cenderung akan meningkat yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti meningkatnya jumlah penduduk, penurunan kondisi lingkungan dan perubahan iklim global. Dengan demikian perlunya gerakan aksi bersama untuk meningkatkan kapasitas pemerintah, organisasi dan masyarakat agar mampu menanggapi suatu situasi bencana secara cepat dan tepat,” kata Darwis.

Bupati Boalemo Darwis Moridu juga mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Boalemo dapat berpartisipasi dalam kesiap-siagaan bencana melalui edukasi kebencanan dan simulasi evakuasi mandiri yang dilaksanakan secara serentak.

Sementara itu PLT Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Boalemo Fadlina Podungge menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk melakukan atraksi dalam simulasi kebencanaan secara berbeda dan berkesinambungan.

“Maka melalui program hari Kesiapsiagaan Bencana untuk menggugah kesadaran demi meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah maupun masyarakat,” ujarnya.

Pewarta: Enda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top