Soal Indikasi Pelanggaran Pemilu, Begini Pernyataan Kuasa Hukum Bupati Darwis Moridu - REPUBLIKPOS.COM
Boalemo

Soal Indikasi Pelanggaran Pemilu, Begini Pernyataan Kuasa Hukum Bupati Darwis Moridu

Republikpos, Boalemo – Kepada awak Republikpos Inggrid membenarkan bahwa Darwis Moridu telah memenuhi panggilan penyidik pada Sentra Penegakkan Hukum terpadu GAKUMDU Bawaslu Provinsi Gorontalo tertanggal Jumat, 15 Maret 2019 didampingi oleh Kuasa Hukumnya yakni DR. Duke Arie Widagdo., SH., MH., CLA dan Inggrid S. Bawias., SH., MH.

Kehadiran Darwis Moridu dalam panggilan tersebut untuk dimintai keterangan dimana dalam pemeriksaan Darwis Moridu sangat kooperatif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan diajukan oleh penyidik

Darwis Moridu menyampaikan dalam pemeriksaan bahwa penyampaiannya dalam didalam orasi kampanye di Desa Buti, Mananggu tertanggal 3 Februari 2019 sama sekali tidak ada niatan yang tidak baik apalagi sampai dianggap telah melakukan penghinaan terhadap seseorang atau peserta pemilu lainnya sebagaimana yang telah diatur dalam Pasal 280 Ayat 1 Huruf c dan d Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Bahwa didalam orasi kampanye tersebut disampaikan dengan tujuan untuk mewujudkan pemilihan umum yang bersih, oleh karenanya pernyataan-pernyataan yang telah disampaikan bukan bertujuan untuk menghina seseorang atau peserta pemilu lainnya. Melainkan apa yang telah disampaikan adalah fakta yang sesungguhnya terjadi dan nantinya juga dalam pemeriksaan selanjutnya akan kami buktikan kebenarannya.

Inggrid menambahkan Bahwa kami (kuasa hukum) akan terus mengikuti/menunggu kelanjutan proses pemeriksaan penyidikan setelah diambil keterangan oleh penyidik, karena masih ada tahapan penuntut umum untuk menentukan kelengkapan berkas apakah masih kurang/ belum lengkap sampai akhirnya dilimpahkan ke pengadilan.

“Kita ikuti saja proses hukum, tahapan demi tahapan yang telah berjalan karena yang paling menentukan adalah proses pemeriksaan fakta-fakta persidangan di pengadilan yang akan memutus perkara ini benar tidaknya pernyataan Darwis Moridu didalam orasi kampanye adalah suatu pelanggaran pidana pemilu,” ujar Inggrid.

“Untuk saat ini Pak Bupati tetap menjalankan tugasnya seperti biasa dan terus berkoordinasi dengan tim kuasa hukum perkembangan kelanjutan proses hukum yang berjalan. Kami dari tim kuasa hukum terus berupaya untuk mengawal proses hukum yang berjalan. Dan kami sudah mempersiapkan dan mengambil tindakan yang penting, perlu dan berguna untuk kepentingan hukum klien kami,” tutup Inggrid.

Pewarta: Enda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top