Gorut Bakal Kembangkan Program Desa Berbasis IT, Seperti Apa? - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Gorut Bakal Kembangkan Program Desa Berbasis IT, Seperti Apa?

Republikpos, Jakarta – Dalam peningkatan kawasan desa tertinggal, kabupaten gorontalo utara meluncurkan dua program yaitu Sister Village dan Digital Village. Program ini disampaikan oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu pada acara Sosialisasi Program Pembangunan Kawasan Perdesaan di Hotel Grand Mercure Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Thariq mengatakan, program sister village ini merupakan cerminan dari sister city di mana pertama kali di Indonesia ada desa yang menganut sistem tersebut.

“Sister village ini kami bekerja sama dengan desa terbaik yaitu Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Di mana nanti akan ada pertukaran informasi salah satunya yaitu Desa Ceria,” ungkapnya.

“Digital village nanti desa akan berbasis IT yang yang menjangkau akses pelayanan-pelayanan dan keterbukaan penyelenggaran pemerintahan dimana menargetkan tiga pengembangan yaitu keluarga, desa dan daerah,” tambahnya.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Gorut sangat optimis akan mencapai target dari 11 kecamatan, 7 kecamatan akan mentas dari kawasan desa tertinggal.

“Saat ini dari 123 desa di Gorut, 115 desa masih merupakan desa tertinggal. Makanya pemerintah dengan kementerian desa mengupayakan pembangunan desa tersebut dari infrastruktur, pelayanan, transportasi yang bisa menjangkau kebutuhan warga desa,” tandasnya.

Pewarta: Larasati Widya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top