Sekda Kabgor Terima Hasil Assessment 600 ASN dari BKN - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Sekda Kabgor Terima Hasil Assessment 600 ASN dari BKN

Republikpos, Limboto – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menerima hasil penilaian (assessment) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terhadap 600 tenaga pelaksana.

Ke-600 tenaga itu merupakan ASN Pemkab Gorontalo yang namanya diserahkan oleh Pemkab Gorontalo ke BKN.

BKN melakukan penilaian memakai manajemen talenta (talent pool) di ‘Assessment Center’ BKN.

“Hasilnya kami serahkan ke pihak Pemkab hari ini. Jadi ada pemetaan untuk mereka. Hasil pemetaan itu bisa dijadikan landasan objektif untuk penempatan tenaga pelaksana itu,” ujar Sekertaris Utama BKN Supranawa Yusuf saat berkoordinasi dengan Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo dan kepala BKD Kabupaten Gorontalo Safwan Bano, di Jl. KH Adam Zakaria Gorontalo, Sabtu (19/1/19).

Dengan talent pool ini, kata Yusuf, bisa digunakan untuk menilai secara objektif kemampuan ASN. Hasilnya bisa dijadikan rekomendasi penempatan ASN tersebut.

Melalui manajemen talenta di assessment center, menurutnya, bisa diketahui kelebihan dan kekurangan seorang ASN.

Dia menegaskan, saat ini kemampuan PNS di Indonesia masih berkutat pada kemampuan teknis. Untuk PNS baru, lanjutnya, penguatan di kemampuan teknis tidak masalah.

“Beda lagi kalau sudah jadi PNS 10 tahun. Dia harus punya soft skill, atau kemampuan lunak pada diri sendiri. Bagaimana dia bekerja bersama tim, membuat keputusan kritis, atau membuat perencanaan, itu lebih pada kemampuan diri sendiri. Itu yang selama ini masih kurang di ASN kita ini,” tegasnya.

Sedangkan Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb mengakui hasil pemetaan dari BKN terhadap 600 orang ASN itu sangat membantu Pemkab Gorontalo.

“Pastinya dengan adanya hasil pemetaan ini akan sangat membantu pemerintah,” ujar Hadijah.

Sekda juga menegaskan bahwa hasil ‘assessmen’ dari BKN ini akan digunakan untuk mengisi formasi jabatan yang kosong sesuai dengan kompetensi masing-masing ASN.

“Bahkan bisa mengisi eselon 4 dan beberapa jabatan struktural di Pemkab Gorontalo. Pastinya saya optimis hasil assessment ini akan menjadi bekal. Karenanya sejatinya memilih pejabat atau pelaksana tugas itu bukan hanya soal kompetensi tetapi juga integritas,” tegas Hadijah.

Karenanya dia berharap hasil pemetaan kemampuan 600 ASN dari BKN ini bisa membantu Bupati Gorontalo dalam menempatkan orang atau rotasi jabatan sesuai dengan kemampuan dan kompetensi mereka. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top