Adipura Buah Komitmen Bupati Nelson - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Adipura Buah Komitmen Bupati Nelson

Republikpos, Limboto – Sekian lama menunggu akhirnya segala upaya yang dilakukan dalam rangka penataan lingkungan akhirnya membuakan hasil.

Hal tersebut dibuktikan dengan diberikannya penghargaan tertinggi di bidang lingkungan, tropi Adipura, oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (DLH SDA) Saiful Kiraman mengatakan, prestasi yang sebesar itu lahir dari komitmen pimpinan dalam rangka mendukung Adipura itu sendiri.

“Jadi dalam hal ini komitmennya pak bupati yang kemudian didorong oleh
Satuan kerja yang terkait kemudian peran masyarakat itu sendiri.”Ungkap Saiful saat ditemui sulutGO di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Senin (14/1)

Dirinya juga menjelaskan, Adipura setiap tahunnya ada trend peningkatan standar nilai di samping aspek-aspek penilaian nya juga semakin meluas.

Secara konkrit apa yang dilakukan meliputi beberapa aspek diantaranya adalah aspek kebersihan itu sendiri yang bermuara pada penanganan dan pengurangan, berikut adalah sumber daya alam terutama pohon penyebaran pohon itu juga menjadi aspek dari penilaian

Aspek Pada pohon dinilai mulai dari fungsi pelindungnya fungsi, sebarannya dan hijaunya.

Sehingga ketika penilaiannya, dinilai seberapa besar sebaran pohonnya dari luasan lahan yang ada.

“Dan Alhamdulillah Kabupaten Gorontalo kalau dari target pengurangan, target pengelolaan, target pengurangan, dan target penanganan sampah, kita mampu membuktikan memenuhi standar dan mendapatkan penghargaan Adipura”Jelasnya.

Demikian juga kata mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Gorontalo tersebut, untuk tebaran pohon berkaitan dengan pengaman pohon, perluasannya, kemudian sebarannya, fungsi pelindungnya, umumnya mencapai nilai yang ditentukan, disamping kegiatan kebersihan lainnya

“Sehingga itu yang ingin kita dorong ke depan, di tahun 2019 ini akan ada penilaian lagi. Besar kemungkinan kita ingin mendorong bagaimana Adipura selamanya. Adipura selamanya yang artinya bagaimana kita mendorong hari demi hari sikap dan perilaku masyarakat yang justru menangani bagaimana permasalahan sampah, pemilahan sampah, dari rumah tangga dan kemudian kita backup. Juga masalah tanaman dan pohon yang juga kita tanam itu terus menjadi bagian dari kegiatan dan aspek yang dilakukan oleh masyarakat”Beber Saiful

Pada kesempatan itu juga pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut ambil bagian dengan harapan, apa yang telah di capai harus ditingkatkan.

“Bukan hanya kita pertahankan tetapi perlu ditingkatkan utamanya peran-peran masyarakat dalam pemilihan sampah mulai dari rumah tangga, melalui kelompok-kelompok dasawisma, yang beberapa bulan kemarin sudah gencar-gencarnya dilakukan bersama Dinas lingkungan Hidup dan tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo”tutup Kiraman.(A!)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top