Komentar Bupati Indra Yasin Soal Demo Pilkades - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Komentar Bupati Indra Yasin Soal Demo Pilkades

Republikpos, Gorut – Usai sejumlah kejadian Aksi Unjuk rasa dan Demonstrasi yang dilakukan sejumlah masyarakat Gorut beberapa waktu lalu, Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin akhirnya angkat bicara terkait unjuk rasa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2018 yang telah mulai proses tahapannya belum lama ini.

Dirinya mengatakan, pemerintah sangat menghargai aspirasi yang disampaikan masyarakatnya. Ia menilai apa yang disampaikan masyarakat merupakan hak dalam berdemokrasi, dan itu merupakan euforia dan hal yang biasa di setiap Pilkades.

“Tidak saja kepala desa, pilgub, bahkan pilpres sama juga. Tentu ingin menggolkan calon-calonnya, dan itu adalah hal yang wajar dalam berdemokrasi, saya hargai apa yang dilakukan masyarakat, dan saya yakin mereka juga memahami itu,” ujar bupati saat diwawancarai usai kegiatan Wisuda di UMG, Sabtu (24/11) kemarin.

Namun demikian, Bupati Indra Yasin mengingatkan bahwa di setiap pencalonan tentu tidak lepas dari persyaratan-persyaratan yang berdasarkan pada peraturan yang telah ditetapkan.

“Pada beberapa calon, ada yang tidak memenuhi syarat. Tapi disaat begitu, ada pihak yang ingin bahwa calon ini masuk juga, padahal tidak boleh,” pungkasnya.

Lebih lanjut bupati meluruskan bahwa terkait perda yang dinilai melindungi petahana itu, tidaklah benar.

“Ya, terkait peraturan bupati yang dinilai seakan-akan melindungi petahana, sebetulnya tidak. Karena peraturan daerah, peraturan bupati itu sifatnya umum dan tidak dibuat untuk orang-perorang, seperti begitu,” jelasnya.

Bupati bergelar master hukum ini juga menjelaskan bahwa antara perda dan perbup itu saling mengisi.

“Kalau seperti undang-undang, undang-undang itu ada Peraturan-Peraturannya, maka perbup itu adalah aturan pelaksanaan dari peraturan daerah. Nah, itulah sampai saat ini kita perlu memberi pemahaman kepada masyarakat. Dan sekali lagi saya sangat menghargai apa yang dilakukan masyarakat, sebab saya yakin masyarakat akan menerima jika kita memberikan penjelasan,” tutupnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top