HUT 345 Kabupaten Gorontalo, DPRD Gelar Paripurna - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

HUT 345 Kabupaten Gorontalo, DPRD Gelar Paripurna

Republikpos, Limboto – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menyelenggarakan rapat paripurna peringatan hari Ulang Tahun ke 345 Kabupaten Gorontalo. Acara tersebut digelar diruang kerja DPRD, serta turut dihadiri unsur kepala daerah, forkopimda, pemerintah gorontalo utara, wakil bupati boalemo, mantan pejabat daerah dan seluruh OPD lingkup Kabupaten Gorontalo.

Dalam sambutannya Ketua DPR, Sahmid Hemu mengatakan, Paripurna kali ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, sekaligus sebagai bentuk penghargaan atas semangat dan nilat perjuangan para pemimpin dan pendahulu kita, yang telah merintis dan meletakan dasar serta membangun daerah kabupaten gorontalo sehingga mencapai kondisi seperti yang kita nikmati saat ini.

Selain itu, sebagai refleksi terhadap eksistensi dan peran pemerintah dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Gorontalo dalam meningkatkan kemajuan daerah, yang juga merupakan momentum dalam melakukan evaluasi terhadap setiap permasalahan dan peristiwa yang melingkupi gerak pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dalam kegiatan pelayanan dimasyarakat .

“Terbentuknya Kabupaten Gorontalo diatur dalam undang-undang nomor 29 tahun 1959 tentang pembentukan daerah-daerah tingkat II di Sulawesi. Terhadap peringatan hari ulang tahun kabupaten gorontalo yang kita laksanakan sekarang ini tidak lepas dari sejarah pengakuan kedaulatan terhadap eksistensi kesatuan perserikatan Pohala’a dalam U Duluwo Limo Lo Pohalaa yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kesepakatan U Duluwo Limo Lo Pohalaa yang berlangsung pada 12 Sya’aban 1034 hijriah atau tanggal 26 November Tahun 1673 masehi, yang di tetapkan sebagai hari ulang tahun Kabupaten Gorontalo.” ujar Sahmid, Senin (26/11/2018).

Menurut Sahmid, tidak bisa dipungkiri Kabupaten Gorontalo telah banyak mengalami perubahan yang cukup membahagiakan. Dinamika perubahan terus bergulir seiring dengan pertumbuhan ekonomi, demikian pula peningkatan perkembangan sosial masyarakat yang terus meningkat, namun tidak bisa dipungkiri tidak sedikit pula ditemui hal-hal yang membuat kita merasa prihatin, yang belum mencukupi untuk memenuhi seluruh keinginan dan harapan publik, sebagaimana keberadaan masyarakat modern yang memiliki ekspektasi terhadap pelayanan yang prima melebihi dari apa yang bisa diberikan oleh pemerintah.

Hal ini tentunya, merupakan tantangan yang perlu kita hadapi dan atasi kedepan melalui langkah-langkah antisipasi dengan terus memantapkan pelaksanaan tugas pokok masing-masing sekaligus menetapkan sasaran-sasaran strategis, dalam mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat.

“Mewakili seluruh anggota legislatif di DPRD, kami memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah terhadap kerja keras yang telah dilaksanakan serta prestasi yang diperoleh di tahun ini, diantaranya, penghargaan jaminan kesehatan nasional (JKN) awards dari Kemenkes RI tahun 2018. Penghargaan dari BKKBN Nasional sebagai daerah cakupan layanan keluarga berencana (Kampung KB 2018), serta anugrah Kota Layak Anak 2018, dan Penghargaan Anugerah Pandu Negeri Tahun 2018 dari indonesian Institute For Public Governance untuk pemerintah kabupaten/kota yang memiliki kinerja dan tata kelola terbaik serta pemimpin yang inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosial ekonomi melalui reformasi tata kelola.” tutup Sahmid.

Penulis: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top