Bantuan Rastra Gorut Dialihkan Menjadi BPNT - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Bantuan Rastra Gorut Dialihkan Menjadi BPNT

Republikpos, Gorut – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), melalui Dinas Sosial menggelar Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Rabu (21/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gerbang Emas Kantor Bupati Gorut tersebut, dalam rangka persiapan dan pemantapan bantuan pangan Beras Sejahtera (Rastra) yang beralih menjadi BPNT.

Selain Bupati Gorut, Indra Yasin, sosialisasi ini juga dihadiri oleh Sekda Gorut, Tenaga ahli penangan fakir miskin kementrian social RI, dan Para Pihak perbankan.

Bupati Gorut, Indra Yasin saat memberi sambutan menyampaikan, saat ini proses penyaluran bantuan Rastra akan beralih penerapan penyaluranya menjadi BPNT.

Sehingga, kepada dinas terkait bupati meminta, agar penyaluran bantuan bisa tepat sasaran, supaya dapat membantu pemerintah dalam menekan angka kemiskinan.

“Dalam menurunkan angka kemiskinan, ada dua cara, yakni mengurangi beban masyarakat dengan cara pemberian bantuan, dan mencari pekerjaan untuk masyarakat denga cara mendukung investasi yang masuk kedaerah sehingga bisa menyerap tenaga kerja,” ungkapnya.

Selain itu, menurut bupati, untuk mendukung penyaluran BPNT ini, harus berdasarkan data yang sesuai dan akurat.

Maksud bupati, kriteria yang menerima bantuan nantinya benar-benar adalah masyarakat miskin, sehingga pemerintah dapat memprioritaskan masyarakat mana saja yang membutuhkan.

“Saya berharap, semua desa harus menyiapkan data masyarakat miskin yang valid, tidak itu-itu terus, serta harus bisa mengontrol bantuan ini digunakan untuk apa,” tegas bupati.

Ia juga meminta kepada pihak perbankan yang ditunjuk nanti, kiranya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Sementara itu di tempat yang sama, Sekda Gorut, Ridwan Yasin selaku Ketua Tim Koordinasi Rastra, mengatakan program Rastra adalah program subsidi pangan yang bertujuan memberikan subsidi harga penjualan beras untuk masyarakat miskin, guna mengurangi beban yang secara signifikan dipastikan dapat menurunkan angka kemiskinan.

“Oleh sebab itu, dengan sosialisasi diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai penyaluran bantuan, agar tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat administrasi sehingga monitoring dan evaluasi program BNPT dapat dilakukan secara teratur,” tutup Ridwan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top